Friday, 13 January 2017

Shanghai Disney Resort - Hello!

Katanya, tak kenal maka tak sayang. Meski kalo udah kenal tetep aja belum tentu sayang, tentu ada baiknya, sebagai pembuka, kita ngintip dulu background story dari Disney Resort teranyar ini, sebelum gue cerita panjang lebar tentang pengalaman kami.

Mari.

Setelah penantian panjang dari tahun 2009, puji Tuhan, akhirnya, Disney Resort pertama yang terletak di Mainland China resmi dibuka pada tanggal 16 Juni 2016 yang lalu.  Tiket pre-sale-nya sold out, lho. Grand opening-nya hot (literally, cuz it was summer), megah, meriah, dan ruame pisan. Secara semua orang udah nungguin dari lama sih yaa.

Mengusung filosofi "Authentically Disney and Distinctly Chinese", Shanghai Disney Resort menghadirkan resort kelas dunia dengan sentuhan khas Disney, tanpa melepaskan unsur-unsur kearifan lokal di dalamnya.

Shanghai Disney Resort adalah Disney Resort ke-6 di dunia. Adik bontot dari Tokyo Disney Resort dan Hong Kong Disney Resort di geng Asia ini ternyata berukuran jumbo. Areanya sendiri sekitar 390 hektar, atau sekitar tiga kalinya HKDR. Sanking luasnya, beredar rumor bahwa pengelola Shanghai Disney Resort berencana menambahkan dua theme park lagi, menemani Shanghai Disneyland (yang udah jadi theme park terluas di Mainland), Wishing Star Park, Disneytown, serta dua themed hotel yang udah ada. Gileee.

Oh iya, SDR juga dinobatkan sebagai salah satu resort dengan biaya pembuatan termahal, yakni sekitar US$5.500.000.000. Duitnya urunan antara The Walt Disney Company dan Shanghai Shendi Group, punya pemerintah Shanghai. Makanya kepemilikannya pun dibagi dua, 43% untuk TWDC, dan 57% untuk SSG.

Okay, enough with the wikipedia facts, sekarang mari kita bahas lebih detail tentang komponen Shanghai Disney Resort.

Shanghai Disneyland

Bakalan dibahas di satu (atau dua... puluh?) postingan terpisah ya. Soalnya pasti puanjang.

Wishing Star Park

Taman ini dibuat karena kecintaan penduduk lokal Shanghai terhadap area terbuka yang dikombinasikan dengan elemen air. Dilengkapi dengan danau dan playground, tempat ini ideal banget buat santai-santai sama keluarga, atau duduk-duduk sama pacar. Cantik ke arah manapun mata memandang.

Meski kemaren kami nggak keburu ke sini, tapi beberapa kali sempet liat dari kejauhan. Emang bagus banget sih. Seandainya kami punya waktu lebih, kepingin deh piknik di sini.



Sederhananya, Disneytown ini semacem shopping, dining, dan entertainment district. Kayak mall lah, tapi outdoor. Trus bentuknya hanya sebuah main street, dengan rentetan merchant di kanan dan kirinya.


Karena main activity-nya belanja, makan, dan hiburan, tentu tenant-nya nggak jauh dari retail shop dan restoran, ya. Sedangkan Walt Disney Grand Theatre berperan dalam segi hiburannya, karena, pertunjukan The Lion King (Mandarin Broadway version) yang femez itu dilangsungkan di mari.

Oh iya, penghujung (atau pembuka, tergantung dari arah mana datengnya) dari Disneytown adalah World of Disney, souvenir store resmi Disney kesayangan akoh. Masuk ke sini setengah jam, keluar-keluar pasti hepi (meski bokek).


Setiap Disney Resort di seluruh dunia (bahkan yang terkecil, aka HKDL), pasti punya hotel mewah ini. Urusan gaya, tentunya nggak persis sama ya, karena kembali menyesuaikan negara masing-masing. Tapi icons dan suasana magical-nya, hampir identik satu sama lain.


Rate menginap di sini pun relatif fantastis, secara tamunya bakalan dapet berbagai kemudahan dan privilege, seperti extra magic hours di Wishing Star Park, dan private character meet and greet saat makan malam.

Kalo punya budget lebih, gue sangat menyarankan untuk nginep di Disneyland Hotel. Experience-nya pasti one of a kind. You won't regret it.


This is the very first hotel to be themed entirely to Toy Story!



Nggak perlu diragukan lagi lah ya, totalitas dan attention to detail-nya Disney kalo bikin sesuatu. Selain film dan Disney Parks di seluruh dunia, hotel-hotel inilah bukti nyatanya.

Siapa yang langsung bahagia begitu ngenalin wallpaper Andy di seluruh bangunan hotel? Lorong pintu masuk yang kayak kotak mainan raksasa? Lotso souvenir shop?

Sayaaaa!

Penggemar Pixar (khususnya Toy Story), kalo mampir kemari, ada baiknya sedia tabung oksigen, karena kemungkinkan besar ngana bakal megap-megap sanking excited-nya. *lirik suamiku*

-

Beginilah kira-kira keseluruhan Shanghai Disney Resort secara garis besar. Lebih detail, khususnya tentang trip report Shanghai Disneyland dan Toy Story Hotel, bakal dibahas di postingan lain yaa! Nantikan!

No comments:

Post a Comment