Wednesday, 12 October 2016

Hong Kong Disneyland - Tips & Trick

Sebelum berangkat ke Hong Kong Disneyland:

1. Sunblock or umbrella/rain coat

...whichever fits the situation.

Ramalan cuaca mungkin banget berubah, and please beware, perubahannya bisa sangat amat drastis. Sebelum ke HK, gue pernah cerita di sini, segala jenis weather forecast yang gue kulik di internet seiya sekata, bahwa bakal ujan deres disertai petir pas kami ke Disneyland. Walhasil gue pontang-panting cari payung yang enteng, jas ujan sekali pake, dan sendal jepit.

Tak disangka-sangka, pagi-pagi, tepat sebelum berangkat ke DL, ketika gue iseng cek weather forecast, tau-tau ramalannya cerah cenderung terik. Meski hati ini hepi dan bersyukur, gue pulang dengan tangan, pundak, dan kaki yang gosong dan perih setengah mati kalo dipegang.

Jadi, jangan meremehkan pentingnya sunblock ya! Matahari HK ganas banget, lhooo. Jangan lupa bawa payung atau jas ujan juga, soalnya hujan di HK sangat berangin dan cenderung awet, alias sekali ujan, udahannya auk kapan.

Pokoknya apapun cuacanya, harus siap sedia!

2. Weekdays

Meski tingkat keramaiannya nggak separah TDL, theme park saat weekend hampir selalu mirip dengan acara bagi-bagi sembako gratis. Maka dari itu, sedapat mungkin, hindari berkunjung di hari Sabtu atau Minggu, ya.

Gue ke sana hari Selasa, dan antrian wahananya nggak ada yang lebih dari sepuluh menit. Asik banget. TAPI, yang nonton stage shows dan parade tetep aja berjubel. Teater selalu full house. Antrian character greeting pasti mengular. Nggak kebayang deh, kalo weekend jadi beberapa kali lipat lebih parah. That's why, weekdays are the best.

3. Maintenance & Temporarily Closed Attraction

Seperti biasa, jangan lupa cek wahana atau show yang maintenance atau ditutup di official website Hong Kong Disneyland. Supaya bisa setel ekspektasi juga kali ya. Kalo udah ngidam naik sesuatu trus begitu sampe tau-tau wahananya lagi dibenerin, kan gondok banget...

Oh iya, informasi ini akan sangat berguna untuk membuat jadwal acara (if you want to make one).

4. Jadwal acara

Apa sih, jadwal acara itu? Sederhananya sih, kayak time table, yang isinya, wahana-wahana apa aja yang mau dinaikin, show apa aja yang mau ditonton, dan characters apa aja yang mau diajakin foto, serta perkiraan waktunya. Misalnya:

Masuk TDL > lari ke Fantasyland, ambil fastpass The Many Adventures of Winnie the Pooh > lalu masuk ke Mickey's Philhar Magic > ngintip Fantasy Garden > main It's a Small World > naik The Many Adventures of Winnie the Pooh pake fastpass > nonton 10th Anniversary Celebration with Mickey and Friends > Foto sama Baymax > makan siang > dan seterusnya.

Penting nggak sih bikin ginian? Pentiiing, qaaaq! Apalagi kalo situ ambisius macem ane, yang tiap ke Disney Parks selalu bertekad nonton SEMUA show yang ada. Kalo nggak dipikirin dan dijadwalin begini, bisa kagak sempet main apa-apa...

Kemungkinan meleset? Ya pasti ada. Tapi setidaknya, semuanya terencana, sehingga lebih kecil kemungkinan kelewatan atau kelupaan nonton show yang jadi inceran, main wahana favorit, dan, ketemu karakter idaman.

Another pro tip, saat membuat jadwal acara, prioritaskan show dulu yaaa. Soalnya show kan udah ditentukan jamnya, sedangkan kalo rides biasanya lebih fleksibel.

5. Tongsis & Tripod

Aturan terkait tidak diperbolehkannya menggunakan tongsis (selfie stick) dan tripod ternyata berlaku di semua Disney Parks. Tentu tak terkecuali, Hong Kong Disneyland. Jadi, tinggalin aja di hotel, ya! Daripada udah bawa berat-berat, trus nggak boleh dipake juga?

6. Toilets & Wet Tissues

Seperti semua toilet di HK, seluruh toilet di Disneyland adalah toilet kering. Sama sekali nggak ada shower / sprinkler apalagi ember dan gayung untuk cebok. Buat warga ndeso ndonesah asli macem gue, ini bener-bener disaster, soalnya... eeer, nggak biasa euy. Karena itu, jangan lupa bawa wet tissues if you need one, yaaa. Apalagi kalo bawa baby atau toddler

7. Plastic Bags

Ketika belanja di souvenir shop TDL, saat bayar, gue ditawarin dan dikasih beberapa plastik ukuran kecil dan sedang, di luar plastik besar yang digunakan untuk membungkus belanjaan. Pasalnya, mereka biasanya berasumsi bahwa sebagian dari barang yang dibeli akan dijadikan sebagai hadiah.

Nah, hal ini nggak berlaku di Hong Kong Disneyland. Di sini, sebuah plastik akan di-charge senilai HK$0,5. Jadi, kalo mau borong souvenir sampe berkantong-kantong, either bring your own shopping bags, atau jangan lupa bawa recehan yang buanyak.

8. Ticket

Sebenernya alternatif membeli tiket masuk HKDL itu buanyak banget. Selain di loket, tiket juga bisa dibeli via online, di stasiun MTR Hong Kong (Tung Chung Line Concourse), atau di Hong Kong International Airport (terminal 2).

Saran gue sih, jika kondisinya memang memungkinkan untuk beli tiket sebelum hari H, silahkan beli sebelum hari H. Tujuannya adalah menghemat waktu, just in case di hari H, nyampenya ternyata mepet. Jadi nggak perlu antri-antri lagi.

Oh iya, anak-anak berusia di bawah 3 tahun, nggak perlu tiket masuk ya. Grateees!

Ketika di Hong Kong Disneyland:

1. Operating Hours

Penyesuaian terhadap kultur dan budaya masyarakat setempat membuat jam operasi Hong Kong Disneyland terbilang cukup siang. Di hari Minggu - Jumat, HKDL buka pukul 10.30, dan tutup pukul 20.45. Sedangkan Sabtu, jam bukanya mundur 30 menit lebih awal, menjadi pukul 10.00, dengan jam tutup yang sama.

Nah, targetnya, sebelum open gate, kudu udah stand by dengan tiket di tangan ya!

2. Map & Schedule

Sampe dower gue nggak bosen-bosen ngingetin, benda wajib yang harus dipegang ketika jalan-jalan di theme park adalah: peta dan jadwal. Di HKDL, peta dalam bahasa Inggris bisa diminta ketika beli tiket, atau di guest services. Sebenernya ada peta versi bahasa Indonesia, tapi gue nggak minta sih. If you need one, find it in guest services. Segala versi bahasa pasti lengkap di sana.

3. Stay Hydrated

Tingkat humidity-nya Hong Kong sangat amat tinggi, terlebih ketika cuaca terik. Kelembaban yang tinggi ini bukan berarti dingin ya. Sebaliknya, kelembaban menyebabkan udara terasa seperti di dalam sauna: penuh dengan uap basah. Semakin tinggi kelembaban, semakin mudah kita berkeringat.

Karena itu, penting untuk menjaga tubuh supaya nggak dehidrasi. Apalagi hal ini kadang nggak disadari, berhubung sibuk main dan lari ke sana ke mari. Drinking water fountain tersebar hampir di depan seluruh toilet Hong Kong Disneyland. Kalo males bolak balik, bawa botol minum kecil ya. Tinggal refill and go deh. Kapan aja aus, tinggal minum.

4. FastPass



Karena crowd di Hong Kong Disneyland nggak separah Tokyo Disneyland, wahana yang menyediakan fastpass hanya ada dua yaitu The Many Adventures of Winnie the Pooh dan (HyperSpace Mountain. Manfaatkan sebaik-baiknya ya, mengingat keduanya emang populer, dan antriannya cenderung extreme kalo lagi rame. 

Lebih jelasnya mengenai mekanisme fastpass bisa dibaca di sini.

5. Information

For most people, character greeting pasti menjadi salah satu agenda utama ketika berkunjung ke Hong Kong Disneyland. Di mana lagi coba, bisa peluk-pelukan, foto bareng, dan minta signature sama karakter favorit yang selama ini wara wiri di layar kaca atau lembar buku? Cuma di Disney Parks!

Namun, hal ini sedikit tricky, mengingat meski spot foto bareng biasanya sudah diatur, jadwal-nya sama sekali nggak tercantum di park schedule. Jadi, cuma tempatnya yang bisa ditemukan di map. Waktu dan karakter yang nongol, sangat unpredictable.

Maka dari itu, semisal secara spesifik mau foto sama karakter tertentu, monggo langsung nanya ke cast member supaya tau pasti kapan dan di mana karakter yang bersangkutan available untuk diajak meet and greet, ya.

Jangan spekulasi, apalagi ngarepin dipertemukan secara kebetulan oleh takdir. Soalnya kemungkinan gatot-nya jauh lebih guede daripada terjadinya.

6. Stage Shows

...always have limited seats, yet aaay lot of guests. Jadi kalo mau nonton, please, pleasebe early.

Pelajari dan ingat-ingat jadwalnya, lalu stand by di venue-nya, minimal lima belas menit sebelum show-nya mulai. Soalnya kalo mepet atau telat, kemungkinan besar nggak akan kebagian kursi, atau duduk/berdiri di posisi yang kurang strategis untuk menikmati pertunjukannya. Nyesyeeel!

7. Free wifi

Ini baru nih, kabar gembira untuk kita semua!

Tau nggak sih, ada free wifi (yang beneran free) di seluruh area Hong Kong Disneyland, lho. Kecepatannya juga oke. Lumayan banget kan tuh, buat buka-buka socmed (or in my case, ngecek kerjaan dan nge-set meeting) selagi menanti antrian untuk masuk ke teater, atau saat nunggu giliran naik wahana.

8. Waiting time board

Di pelataran Sleeping Beauty Castle, terdapat waiting time board yang berisi informasi seputar wahana-wahana di HKDL, serta waktu tunggunya. Sempatkan berhenti untuk melihat ketika melintas ya. Informasi ini akan sangat berguna untuk memutuskan wahana mana yang bisa didahulukan. Sebisa mungkin, hindari antrian yang panjang dan memakan waktu, terlebih kalo baru sampe. Pilih yang sepi-sepi aja dulu, misalnya dengan memilih...

9. Rute Terbalik

Umumnya, ketika masuk, orang-orang akan terlebih dahulu ngumpul di Fantasyland. Hal ini disebabkan posisinya yang bisa diakses dengan berjalan lurus dari pintu masuk. Makanya, kalo pagi, Fantasyland bakalan rame banget.

Daripada ikutan tumplek blek dan antri sampe pegel di sana, mendingan, balik aja rutenya. Berlawanan dengan orang kebanyakan, taruh Fantasyland di tempat terakhir, dan mulainya, justru dari belakang, aka Toy Story Land, dan dua area baru di HKDL.

Hemat tenaga!

10. Free stickers

If you're lucky
, kadang pas lagi jalan-jalan, bisa papasan cast members yang tugasnya bagi-bagi souvenir kepada pengunjung (biasanya yang anak-anak, sih) yang berupa stiker karakter-karakter Disney kesayangan. Kalo ketemu, nggak usah malu-malu, minta aja! Your children will love it, and we love it even more, karena grateees mak!

-

Semoga postingan ini beguna untuk yang sedang mempersiapkan atau sedang liburan ke HKDL yaa! Kalo ada yang mau nambahin, monggo lho di-share di kolom komen :)

4 comments:

  1. pertamax yay :D
    ini recommend buat yang mau ngetrip ke hongkong
    berkunjung mbak ke https://explcode.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. Dear..kamu foto sama Baymaxnya gak? :3

    ReplyDelete
  3. Jadi inget tahun lalu gue ke sananya before larangan tongsis berlaku hahaha

    ReplyDelete
  4. Cupah : Fotoooo! Hihi. Gemes deh diaaa, gendooot gitu minta dipeluk terus :3

    Anni : Ahhh how lucky :((( Pas gue ke sana udah sama sekali nggak boleh, dan cast membernya gualak. Jadi langsung ditegur kalo ketauan pake tongsis :((

    ReplyDelete