Wednesday, 20 May 2015

Heroes of Olympus The Series - Rick Riordan

Jauh sebelum Rick Riordan menciptakan novel seri Heroes of Olympus, gue udah jatuh cinta sama karya-karya beliau saat baca Percy Jackson series. Selain karena dari dulu gue emang punya ketertarikan khusus sama Dewa Dewi Yunani, cerita yang diangkat oleh Riordan tentang kehidupan anak-anak penguasa Olympus sangat menarik untuk diikuti.

Semua novel yang ditulis Riordan sebenernya ber-genre adventure yang bernuansa fantasi, but get this: gue sama sekali nggak suka baca novel adventure. Udah ketebak kali ya, cinta sejati gue tentu saja novel chicklit dan serial cantik (jaman masih baca komik, ahahaha). Tapi karya Riordan jadi pengecualian semenjak Percy Jackson merebut hatiku.

Makanya, begitu tau Riordan menelurkan novel lagi setelah Percy Jackson The Series, gue tentu saja bersuka cita. FINALLY, MAK! Rindu ini tersalurkan juga. *sounds wrong*

Selain itu, novel seri Heroes of Olympus adalah novel bahasa Inggris pertama yang gue kelarin kurang dari dua bulan. Karena skill bahasa Inggris gue yang jongkok cenderung tiarap, sebenernya gue jauh lebih suka baca novel terjemahan. Abis yang udah-udah, kalo bahasa pengantarnya Enggres jadinya malah nggak selesai-selesai. Either keburu males, atau berenti karena nyerah di tengah jalan. Novel Percy Jackson series yang gue lahap pun kelima-limanya dalam bahasa Indonesia.

Nah tapi, untuk Heroes of Olympus, adik gue terlanjur beli buku pertamanya yang versi Inggris karena nggak sabar nunggu yang terjemahan. Ya berhubung udah kebeli, daripada mubajir, terpaksa gue baca, walopun mata encok bolak-balik dari novel ke google translate.

Untung ceritanya seruuu, jadi boro-boro setop, lanjut teros sampe lupa tidur!

The Heroes of Olympus Series

Heroes of Olympus sendiri terdiri dari lima buku yang menceritakan tentang 7 orang Demigod (Half Blood, atau anak setengah dewa), anggota Phropecy of Seven, yang diutus untuk menjalankan sebuah misi mencegah bangkitnya Gaea, sang Mother of Earth dan menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Buku pertama dan kedua menceritakan tentang background kehidupan dan misi ke enam anggota Phropecy of Seven secara terpisah, sedangkan buku ketiga sampai kelima berisi perjalanan mereka bertujuh memenuhi final quest.

Oh iya, Percy Jackson dan kawan-kawan juga masih diceritakan di seri Heroes of Olympus. Jadi kalo sebelumnya udah baca seri-nya, pasti jadi lebih akrab sama tokoh-tokohnya (walopun tokoh barunya juga banyak, sih).

Buat gue, HoO adalah karya terbaik Riordan, by far. Segitu kerennya lho, sampe begitu buku pertama abis, gue langsung cabut ke Periplus dan beli buku keduanya. Begitu seterusnya sampe buku kelima. Sebelum kelar, rasanya gue belom bisa tidur dengan tenang. Apalagi cliff hanger-nya beneran brengseeek pisan! *sobekin pembatas buku* *soalnya kalo yang disobek bukunya sayang, mahal*

Selain unggul dalam cerita, Riordan juga piawai dalam menciptakan karakter. Pembaca dibuat relate sama tokoh-tokoh dalam novelnya, sampe rasanya gundah gulana kalo belum memastikan sang tokoh baik-baik aja di akhir cerita.

Daya tarik lain dari novel ini adalah akurasinya pada mitologi Yunani. Gue yakin seratus persen, research Riordan untuk buku ini pasti nggak main-main. Penempatan karakter serta penokohan perannya sangat sesuai dengan referensi literatur-literatur yang sering gue baca.

Udah gitu, meskipun HoO adalah novel fantasi, tapi logikanya tetep rapet dan rapih banget. Nggak ada kejanggalan sama sekali, sampe kalo novel ini dibilang based on true story juga mungkin gue percaya percaya aja. It seems sooo real.

At any rate, I wholeheartedly love this book. Sampe pas kelar baca buku kelima dari seri HoO, gue langsung berasa kehilangan arah dan tujuan hidup. *berlebihan*

Untungnya nggak lama kemudian, gue nemuin The Kane Chronicles, novel karangan Riordan tentang Dewa dan Dewi Mesir. Oke deh, mari dilahap juga! HAP!

Meanwhile, sampe jumpa di review lainnya ya! MWAH 

6 comments:

  1. hai sarah,salam kenal..
    setelah sekian lama jadi silent reader,akhirnya berani komen juga,thank to percy. Aku jyga penggemar berat serial ini,lagi nabung buat buku terakhirnya heroes of olympus *curhat

    selalu suka liat postingan2 disini,jadi motivasi untuk rajin nulis,hehe..

    terus ditunggu update postingannya.

    *btw,cliff hangernya emang ngehe banget

    ReplyDelete
  2. Sharon : Hai Sharon, salam kenal juga *toss sesama penggemar karya Riordan* Hihihi. Terima kasih ya! Kamu baik sekaliii :) Jangan bosen-bosen ya main ke sini :D

    Oh iya, semangat nabungnyaaa! \o/ Supaya nggak penasaran lagi. Cliff hanger-nya House of Hades juga ngeselin kan, walopun nggak separah yang lain sih :))

    ReplyDelete
  3. Hola, Salam kenal..

    Sebagai penggila Harry Potter, sama banget efeknya.. yakin kalo itu nyata.. dan Harry cs adalah pahlawan dan nganggap orang lain yang gak pernah baca harpot itu = MUGGLES!
    Waktu tamat bener2 butuh pelarian deh.. Dan jadi tertarik baca ini. Nice review..

    ReplyDelete
  4. Ladymongrel : Thank you yaa :D Iyah, kalo suka novel dengan genre fantasi petualangan, kemungkinan besar pasti suka juga sama karya karyanya Riordan :D Coba baca, deh :D

    ReplyDelete