Thursday, 9 April 2015

#Japaneymoon - Preparation

Selain sibuk nyiapin nikahan, belakangan ini, gue juga lagi sibuk-sibuknya nyiapin honeymoon. Destinasinya adalah sebuah negara di Asia yang punya banyak sekali theme park, dan salah duanya adalah Disneyland dan Universal Studio, meskipun keduanya berada di kota yang berbeda.

Negara apakah itu? *sodorin mic ke penonton*

YAK BETOL! Jepang, baby!

Gue excited banget nyiapin trip kali ini, secara gue dan Roy bakalan ngabisin empat hari dari hanimun kami untuk keliling theme park. Omagah omagah omagah! I can't wait!

Tapi di saat yang sama, gundah gelisah dan snewen juga memenuhi sanubari.

Pasalnya, gue agak trauma sama long haul flight. Waktu gue ke China dan Hongkong tahun 2011 yang lalu, gue sempet sakit karena kecapekan. Padahal, gue liburan bareng sama keluarga besar dan ngikut tur. Jadi turun dari pesawat, udah ditungguin sama bus di bandara. Pindahin pantat ke bus seat, monggo molor lagi kalo mau. Itinerary-nya pun relatif santai, sesantai angin musim panas yang berhembus di China saat itu.

Beda 180 derajat sama hanimun gue.

Pertama, kami nggak pake tur. Virgo sejati macem calon suamiku itu bisa terluka harga dirinya kalo dia yang diatur-atur. Menyalahi kondrat, katanya. So... gutbay, comfortable bus seat! Hello, complicated subway map!

Kedua, padetnya itinerary kami boleh deh diadu sama lemper. Nggak bakalan kalah! Berhubung banyak maunya tapi waktunya terbatas, semuanya terpaksa diempel-empel supaya kebagian dikunjungi. Mana kemauan berbanding terbalik pula sama stamina. Siap-siap kaki pegel.

Ketiga, masalah cuaca. Ini adalah kali pertama gue bakal kenalan sama autumn. Bayangan daun-daun berguguran dan JJS pake kaos dan celana pendek sambil gandengan tangan langsung bubar jalan begitu Roy bilang anginnya sangat menusuk sanubari tulang. Masih nekat seksi-seksi? Dapet salam noh, dari Antangin.

Karena kecemasan dan kesnewenan itulah, makanya dari sekarang, gue udah mulai nyari-nyari informasi dan wara-wiri di toko travel gear. Tujuannya cencu nyari barang-barang yang bisa menjaga kenyamanan dan kesehatan gue selama liburan. Pokoknya gimana caranya biar nggak kecapekan dan sakit, deh.

Nah, by far, here are my soon to be bestfriend for 10 days in our #Japaneymoon:

1. Winter Autumn Gears

Secara gue anaknya paling nggak tahan sama udara dingin, yaudah deh, biarpun ke Jepang pas musim gugur, persiapannya macem berangkat pas winter. Ceritanya parno nihyeee, sama hipotermia...

Berhubung riweh kalo harus bawa selimut ke mana-mana, maka gue mencari solusi yang lebih mudah (dan menyenangkan), yakni : bebelian coatglovesbeanie, dan kaos kaki.

Untungnya lagi, selama di sana, ada suami yang bisa meluk supaya gue tetep anget! Horeee!

2. Photos maker A.K.A camera

Biasanya, gue dan Roy cuma ngandelin kamera henpon saat traveling. Cuma sekali pas ke Singapore kemaren gue minjem SLR sepupu, dan kami bawa kamera beneran sepanjang jalan-jalan. Ternyata encok juga yee pundak. Gue sama Roy sampe bagi-bagi shift urusan gendong tas SLR. Berat, mak.

Tapi puji Tuhan, girang banget pas ngeliat hasil fotonya. Jernih (aer kali ah), tajem, dan yang paling penting: kagak pecah. Sepadan deh sama capeknya.

Semenjak itu gue bertekad untuk selalu bawa kamera beneran pas liburan. Cencu saja biar sesi foto maupun hasilnya maksimal. Tapi mikirin beratnya emang bikin hati ini pegel jiper sih.

Pas kami lagi gegalauan, eeeh, temennya Roy yang di Amiriki ngabarin dia mau balik ke Indonesia sekitar akhir Maret 2015. Dia juga berbaik hati nawarin, pada mau nitip apaan kaga? Mumpung lagi Black Friday.

Roy langsung berinisiatif browsing harga kamera idaman gue. EH diskonnya 50% aja dooong! APA?Separo harga? Gileee! Akhirnya nggak pake babibu, langsung peseeen!

Begitu temennya Roy sampe di Jakarta, kami langsung berkunjung ke rumahnya buat silaturahmi sekaligus ngambil kamera. Begitu udah di tangan dan nyoba-nyoba pake, gue langsung girang bukan kepalang.

Pertama karena kameranya sangat user friendly. Gue anaknya gaptek, disuruh melajarin kamera yang ribet-ribet gitu mana sanggup. Makanya poin ini masuk dalam pertimbangan gue waktu masih nyari-nyari tipe dan merek kamera. Makenya kudu gampil, tapi hasilnya kudu bagus. Luckily, my camera has it all.

Kedua, kamera ini jauuuh lebih ringan ketimbang SLR, tapi udah mirrorless. Jadi kualitas gambarnya oke, tapi pundak nggak usah pegal-pegal. YAY! Bhaaay, Salonpas!

Ketiga, charger-nya sama sama henpon gue, henpon Roy, dan tablet gue. Praktis banget buat traveling. Nggak usah bawa charger banyak-banyak jadinya. Ehehe.

3. Sport Shoes

Berhubung gue adalah Ansepit a.k.a Anak Sendal Jepit, umumnya, gue ke mana-mana juga pake sendal. Terakhir ke Singapore pun kaki gue cuma ditemani oleh sendal jepit pink yang gue beli lima tahun yang lalu.

Sayangnya, untuk trip ke Jepang kali ini, sendal jepit terpaksa dieliminasi karena dinginnya cuaca. Kalo tetep maksa pake, Roy yakin gue bakalan cold feet (literally).

Dari pada kaki gue kedinginan dan akhirnya sumeng sebadan-badan, maka diputuskanlah bahwa gue kudu beli sepatu olahraga (preferably running) yang nyaman dan cukup tebel untuk dipake di Jepang. Semenjak itu, tiap ke mall, toko-toko yang jual sepatu olahraga pasti dizambangi. Gara-gara itu gue jadi tau, ternyata sport shoes mehong pisan yaaa. Enolnya banyak! Ya envelope. Maklum, selama ini ngertinya fluktuasi harga heels doang.

Setelah berpuluh-puluh toko kami kunjungi dan nggak ada yang cocok sama harga dan ukurannya, akhirnya di bazaar sport wear for kids di Lotte Shopping Avenue, aku ketemu sepatu yang pas ukurannya di kaki dan pas harganya di kantong. Puji Tuhan modelnya pun pas di hati. Aku hepi.

Langsung beli, deh!

4. New Backpack

Selama ini, kalo lagi traveling, biasanya gue pake tas selempang kecil pemberian tante gue. Tas ini adalah salah satu tas andalan sekaligus kesayangan. Soalnya cukup besar untuk menampung paspor, dompet, hp, tongsis, bahkan botol minum, tapi nggak terlalu geda sehingga tetep cantik kalo difoto.

Namuuun, secantik-cantiknya tas gue indang, ada tiga kelemahan fatal yang membuat gue nggak berani pake ini ke Jepang.

Yang pertama, karena berat. Tas gue bahannya kulit dan banyak ornamen besinya. Jadi belom diisi aja udah lumayan bikin pegel pundak. Apalagi udah diisi.

Yang kedua, bawaan gue nggak bakalan sesimpel paspor-dompet-hp. Pasti kudu bawa cemilan (jaga-jaga kalo laper tapi belom nemu resto), botol minum, obat-obatan, jaket, dan lain-lain. Tas mungil gue nggak bakalan muat.

Yang ketiga, berhubung modalnya selempang, jadi kalo dipake, bebannya tentu jadi ngumpul di satu bahu. Sepuluh menit sih oke, sepuluh jam? Encok juga.

Ketimbang kudu ngeborong Salonpas sepabrik, gue memutuskan untuk ganti ransel aja.

Nah masalahnya... gue nggak punya tas ransel. *facepalm*

Yastra, terpaksa (amasa?) beli. Daripada pegel kan. Lagian itungannya investasi nggak sih? Toh nanti pasti kepake lagi. Kepake buat bawa popok anak, misalnya. #Kalem

Setelah ngegugel sana sini dan nanya sama beberapa temen buat referensi, akhirnya Puji Tuhan ketemu juga yang sesuai selera di bonjourbag.comDesign dan motif tasnya cantik banget, aku jadi langsung jatcin. Ditambah, harganya sangat bersahabat :)

(Not to mention, produk dalam negeri lhooo! Ish, bangga. Kudu didukung!)

Asiknya lagi, pas sampe ke gue, ternyata tasnya sendiri enteng, multifungsi alias bisa dipake selain untuk traveling (buat ngantor, kuliah, atau bawa popok, misalnya), dan jaitannya rapih banget. Sukaaa 

I'm a happy customer!


***

Sampe saat ini, baru itu persiapan #Japaneymoon gue yang udah rampung. Yang belom? Banyak!

Meanwhile, mari cari duit yang banyak dulu, biar bisa bebelian ini itu. 'Till then! *lanjut ngepet*

9 comments:

  1. iiihhh kalau ngeliat postingan jejapangan gini bikin aku pengen balik lagi saaaarr *keinget setahun lalu*
    dan yang bikin tambah sirik kesananya kamu sama suami, aiiih ga peduli anginnya sekenceng apa dan ga peduli berapa lama perjalanan di pesawat, selama ada yang megangin tangan dan melukin sih it's okay sar.
    *brb cari suami yang mau diajakin honeymoon ke jepang*

    ReplyDelete
  2. Kak Presy : Hihihi. Iyaaah, tapi bener deh kak aku agak-agak jiper ngadepin udara dingin sama penerbangan dan transitnya yang lumayan lama. Takut bodi ini syok. Makanya obat-obatan termasuk yang paling pertama aku siapin. Mending jaga-jaga, walopun amit-amit sih, jangan sampe sakit ah.

    Ayo balik lagiii, bersama suamiii <3 *ala ala Roy*

    ReplyDelete
  3. Aaaak asik banget ke Jepang nyobain 3 themepark sekaligus. Have a nice honeymoon, Sar!

    ReplyDelete
  4. Kalo sama suami mah mudah2an gak bakalan kenapa2. Pasti apapun yang terjadi di pikirannya happy happy happy happy...

    ..lalu hujan turun yang membuat angin menusuk sanubari. He. He. He.

    ReplyDelete
  5. Icha : Hihi, makasih Ichaaaa :*

    Kresnoadi : AMIIIINNN! Huahahaha :))) Nah bagian menusuk sanubarinya itulhoooo. Aku ndak kuaaat!

    ReplyDelete
  6. halooo.. silent reader disini, pengen ikutan komen :)
    mungkin perlu juga jaga-jaga kalo sampe ujan.. bisa bawa raincoat/payung imut/jaket yg pake hoodie. lebih ok lagi kalo jaket, sepatu plus glovenya yg tahan air.. cuaca hari gini suka ganti2 seenak udel.. gue baru ke jepang awal april.. and you know what.. it snowed! yah ga parah sih tapi dinginnyaa... plus ujan pula *curcol*

    anyway.. enjoy ya all the preparations and of course the trip itself! japan is a gorgeous country :)

    ReplyDelete
  7. Pleasantinterlude : Wuaaah, thank you ya tipsnya! Iya, kayaknya payung dan rain coat emang harus selalu siap sedia di tas >.< Lucu juga yaa, awal April masih snow :/ Weird season.

    Hihi, thank you so much yaaaa :D I will! :>

    ReplyDelete
  8. Eh eh hi salam kenal. Dulu waktu bln Juni ke sana n maen k Disneysea, angin nya ajib gila, jalan lurus aja ga bisa n payung hrs di depan badan kalo di samperin nutupin pala lgs ngejeplak n rusak. Btw, jgn lupa klo bisa Fuji-Q Highland dimasukin k itinerary juga ya (he he he - evil green). Sukses bwt honeymoon preparation nya.

    ReplyDelete
  9. Retno : Iyaaa! Rencananya mau ke Fuji Q Highland juga, jet coasternya serem-serem ya katanyaa? :))) Hihi. Thank you so much yaaa :D

    ReplyDelete