Thursday, 8 January 2015

Hot Wheels Madness

Untuk yang belum tau, sebenernya, Hot Wheels adalah mainan (anak-anak) berbentuk miniatur sebuah vehicle atau kendaraan. Bahasa gampilnya: mobil-mobilan. Hot Wheels udah populer dari jaman gue masih kecil. Gue tau banget, karena dulu ade gue punya, dan dia sering ngajakin gue balapan.

Gue kira, Hot Wheels ya cuma itu. Miniatur mobil yang populer dijadikan mainan oleh anak-anak. Atau kalopun dikoleksi sama orang dewasa, palingan karena emang suka sama mobilnya, dan/atau karena mobil benerannya nggak tergapai sama kantong.

Tapi, ternyata oh ternyata, dunia per-Hot Wheels-an jauuuh lebih besar dari yang gue kira.

Bermula dari temen-temen kantor Roy. Beberapa dari mereka adalah kolektor Hot Wheels yang udah aktif sejak tahun 2007. Mobil yang dikoleksipun udah banyak. Satu orang bisa punya ratusan mobil. Selain untuk dikoleksi, ternyata mobil-mobil yang terhitung langka bisa dijual kembali dengan harga yang lumayan mahal.

Nah, mereka ini lagi nularin virus demam Hot Wheels. Berhubung Roy antibodi-nya lemah, doi langsung ketularan. Dia mulai ngajakin gue ikutan koleksi. Awalnya cencu saja gue tolak. Ngapain amat yaaa bok, udah segede bagong begini masih main mobil-mobilan?

Tapi setelah dijelaskan bahwa Hot Wheels ini laku dijual mahal di masa depan, keyakinan gue mulai goyah. Dengan pembenaran bahwa ini itungannya semacem investasi, gue ngangguk setuju. Sekali-sekali invest mainan lah, bosen emas mulu (PONGAAAAH *kemudian disamber petir*).

Sebenernya, harga Hotwheels tuh di mana-mana sama aja. Dari Hypermart sampe Toy's Kingdom, harganya udah pasti Rp 25.000,-, kecuali kalo ada diskon atau promo buy 2 get 1. Tapi, kalo udah di tangan kolektor dan mobil-mobil tersebut jarang ditemuin, biasanya harganya melesat naik. Range harga Hot Wheels rare ini juga nggak ada plafonnya. Makanya, beberapa mobil yang bener-bener bagus bisa diikutkan dalam lelang. Dan nggak main-main lho, dalam lelang, satu mobil bisa laku dengan harga Rp 250.000,-! Sepuluh kali lipat dari harga aslinya. Gileee.

Dengan tujuan utama cari untung dari dagang mobil (-mobilan), semangatlah gue waktu pertama kali diajak hunting sama Roy. Tapi ternyata nggak segampang itchu, pemirsa. Permasalahannya adalah, nggak semua mobil laku dijual. Jadi, milihnya nggak boleh sembarangan.

Gue yang masih buta banget sama Hot Wheels, milih-milih mobil yang menurut gue keren aja. Bentuknya aneh dikit, ambil. Stikernya norak, ambil. Mobil buat balapan, ambil. Ufo, ambil. Semua diraup, macem bisa bayar.

Dan ternyata, dari hampir dua puluh lima mobil yang gue sodorin setelah jongkok satu setengah jam di depan rak, yang dibilang bagus (nggak bagus malah, ngomongnya cuma lumayan! *tinju*) sama Roy cuma... TIGA. 3 out of 25. Makaseeeh yaaaa sayaaang. *kemplang*

Tapi seiring makin banyaknya pelajaran tentang Hot Wheels yang gue raup dari internet, makin gampang kok bedain mana mobil yang bagus dan mana yang biasa aja. Untuk yang kepingin belajar dan ikutan koleksi Hot Wheels, gue share ilmunya (yang belum seberapa) di sini ya :)

PS : Kalo ada yang mau nambahin atau ngoreksi, monggo di kolom comment ya!


RARE CARS

Untuk newbie macem gue, PR pertama adalah menemukan sense untuk mengendus mana mobil yang laku dijual lagi, dan mana yang enggak. Supaya memudahkan, Roy ngajarin gue untuk selalu mencari mobil Jepang. Walopun nggak semua mobil Jepang termasuk dalam golongan rare cars, tapi sebagian besar emang lumayan jarang ada di pasar.

Kalo nggak percaya, waktu iseng-iseng jalan ke mall, coba deh mampir ke rak Hot Wheels dan cari mobil-mobil Jepang kayak Subaru, Nissan, Mazda, Toyota, atau Honda. Pasti susah ditemuin. Atau kalopun ada, kuantitasnya nggak banyak. On the top of Japan's brand, we have Datsun. Hampir semua mobil Datsun laku dijual lagi dengan harga yang lumayan.

Datsun 620 Green and Red

Gue juga nggak tau apa yang bikin Datsun ini populer banget di kalangan kolektor. Perasaan bentuknya biasa aja. Bagusan juga Porsche atau Lambo. Tapi herannya, harga rata-rata jenis mobil Eropa kalah sama mobil Jepang.

Selain mobil Jepang, mobil yang masuk dalam list rare cars adalah, mobil-mobil yang diadaptasi dari film.

Batman, misalnya. Hot Wheels membuat beberapa jenis mobil yang dipake sama Mr. Batman dalam film-filmnya. Biasanya, mobil-mobil seperti ini juga langka.

Batmobile!

James Bond series!

Ada juga mobil-mobil yang diadaptasi dari tokoh atau film kartun, kayak Snoopy, Scooby Doo, dan favorit gue, The Flinstones!

Snoopy!

Mystery Machine from Scooby Doo & The Flintstones's Stone Car!

Selain mobil Jepang dan character cars, jenis mobil yang jadi favorit para Hot Wheels hunters adalah track stars. Biasanya, hunters di sini juga merangkap sebagai Hot Wheels racer. Jadi, mobil yang dibeli dipake untuk balapan, bukan cuma sekedar buat diliatin dan dikoleksi.

Ciri mobil track stars yang paling gampang adalah, lebih berat dibandingkan mobil-mobil lain. Kalo beratnya cuma di depan, even better, karena akan mempercepat lajunya saat dilepaskan di trek. Berhubung di dalem mobil sama sekali nggak ada mesin penggerak, maka bentuk kebanyakan garis start track Hot Wheels tuh menukik kayak begini:


Tujuannya, cencu saja supaya mobilnya jalan. Kalo garis start-nya datar pasti belom sampe finish mobilnya udah setop. Makanya semakin berat bodi mobil depan, semakin bagus. Semakin bagus, harganya akan semakin mahal, karena diburu sama racers.

Fun fact: Ada beberapa track yang dilengkapi sama pelontar sih, khususnya kalo ada loop kayak gambar di atas. Lagi-lagi tujuannya supaya mobilnya 'kuat' muterin loop-nya dan nggak jatoh di tengah.

Kriteria lain yang membuat sebuah mobil diburu adalah, Treasure Hunt.

Jadi, tim kreatifnya Hot Wheels melihat perburuan vehicle langka semakin marak di pasar. Akhirnya, dese iseng-iseng nambahin gimmick, berupa logo seperti ini di beberapa badan mobil:


Logo ini adalah lambang dari Treasure Hunt, atau yang akrab disebut T-Hunt. T-Hunt ada dua jenis, yaitu T-Hunt reguler dan Super T-Hunt. Perbedaannya terletak pada jenis mobilnya.

T-Hunt reguler biasanya diidentifikasi dari jenis mobil. T-Hunt Jeep dengan warna oranye misalnya. Otomatis, semua Jeep dengan warna Oranye udah pasti T-Hunt. Jadi yang langka adalah jenis mobilnya.

Can you spot the Treasure Hunt logo?

Sedangkan untuk Super T-Hunt, Hot Wheels mengambil jenis mobil yang sudah ada dalam versi biasa (mainline). Kemudian cat, ban (biasanya karet, kalo mainline-nya plastik), dan aksesori bodi mobilnya yang diganti. Jadi, intinya, jenis mobilnya sama, tapi dibuat dua jenis, versi mainline, yang biasanya diproduksi dalam jumlah banyak, dan versi T-Hunt, yang biasanya diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas.

Supaya lebih jelas, ini ada contoh kasusnya:

Kool Kombi reguler (mainline)

Kool Kombi Super T-Hunt (ada lambang TH-nya di deket tangki bensin)

Can you spot the difference? :)

Super T-Hunt ini susaaah banget dicari. Makanya sekalipun ada yang jual, harganya udah pasti mahal. Menyusul di belakangnya, mobil-mobil T-Hunt. Ini juga lumayan mahal karena susah ditemuin.

Dan terakhir, kelompok yang bisa digolongkan masuk ke dalam list rare cars adalah: Hot Wheels Error.

Hot Wheels Error adalah mobil-mobil yang sebenernya cacat kemasan. Inget, cuma kemasannya aja ya yang boleh cacat, vehicle-nya harus tetep dalam kondisi baik. Cacat kemasan ini bisa berupa kendaraan dalam posisi terbalik:

Yang error yang di sebelah kanan (source)

salah madep :)

Atau ketidaksesuaian gambar dan mobil, kayak begini:

gambar apa, mobil apa

Hot Wheels Error ini (berhubung sangat amat jarang kejadian) mahalnya minta ampyun. I'm dying to have one sooooo bad tapi mehong bener kalo beli sama kolektor. Kalo nemu sendiri di toko belom pernah. Padahal meriksanya udah teliti banget. Hiks.

Anyway, di luar kriteria yang gue sebutin di atas, masih banyaaaak banget mobil-mobil yang dicari sama kolektor. Faktornya bisa macem-macem, entah tahunnya udah lama, emang dikeluarin dengan quantity yang lebih sedikit sama Hot Wheels, atau faktor-faktor lainnya.

Contoh mobil rare diluar kriteria yang gue sebut di atas:

Duo kesayangan akik!

BMW K 1300 R

Naaah, untuk newbie macem gue, cara paling gampang untuk menilai kelangkaan sebuah mobil adalah dengan... rumus kira-kira. Ehehe.

Cara gue untuk menaksir kelangkaan sebuah mobil adalah dengan melototin semua mobil yang ada di gantungan. Rumusnya, mobil yang bagus, biasanya nggak mungkin ada lebih dari dua buah di seluruh rak toko mainan. Jadi, kalo ketemu satu jenis mobil yang cuma ada satu dari sekian banyak mobil yang digantung, maka 50% kemungkinan mobil itu masuk dalam katergori rare cars.

Setelah itu, tinggal cek di gugel deh, harga pasarannya. Baru kemudian putusin, beli atau enggak :)


THE ART OF COLLECTING HOT WHEELS

Umumnya, mobil-mobil Hot Wheels memiliki dua jenis warna untuk setiap seri. Umumnya lho ya, jadi nggak semua. Ada yang cuma satu warna, tapi juga ada yang sampe tujuh warna. Macem-macem.

Serunya, seri warna mobil tersebut biasanya nggak dirilis dalam waktu bersamaan. Jadi misalnya, mobil A diproduksi dalam dua warna, yaitu merah dan silver. Nah misalnya yang merah rilis di bulan Januari, bisa aja yang silver rilis di bulan September. Intinya terdapat jeda waktu, bisa bulanan atau bahkan tahunan.

Begitupun dengan seri. Misalnya Hot Wheels lagi ngeluarin mobil-mobil Fast Furious, udah pasti mobil-mobil tersebut nggak dirilis barengan. Tujuannya supaya penggemarnya penasaran dan tetep excited untuk hunting. Kalo cepet dapet dan lengkap koleksinya, mana seru, coba?

Makanya, buat ngelengkapin seri maupun warna dari koleksi Hot Wheels, kuncinya sama kayak nungguin jodoh: sabar.

Jeep Scrambler gue contohnya.


Yang item gue beli di Jakarta, tapi yang merah baru ketemu pas hunting di Toy'R'Us Singapore. Jangan tanya gimana hepinya. Giraaang pisaaan!

Trus, begitu dapet sepasang kayak gini, biasanya harga jualnya otomatis naik. Misalnya satu mobil laku dijual Rp 30.000,-, kalo sepasang bisa laku dengan harga Rp 80.000,-. Prinsip ini berlaku untuk semua jenis mobil.

Selain seri dan warna, beberapa jenis Hot Wheels juga punya keistimewaan lain. Roy pernah cerita sama gue tentang motor Batman. Misalnya, Hot Wheels merilis 1 juta buah motor Batman dengan seri Batpod.

Tapi kemudian, dengan cerdiknya Hot Wheels produksi 100 buah Batpod lagi, yang dilengkapi dengan Mr. Batman di sadelnya. Berhubung jumlahnya jauh lebih sedikit, bisa ditebak, Batpod yang ada Mr. Batman-nya lebih diburu, dan harganya langsung melejit naik kalo udah sampe ke tangan kolektor.

tanpa Mr. Batman

Dengan Mr. Batman

Hreatip amat ya? 

Nggak heran eksis teruuus, dari gue masih piyik sampe udah mau kawin.


FUN FACTS

1. Kalo mau dijual lagi, vehicle nggak boleh dibuka atau dikeluarin dari bungkusnya. Tanpa kemasannya, harga Hot Wheels biasanya menukik tajam, se-rare apapun jenisnya.

2. Hot Wheels juga merilis seri Black Box atau Mystery Car. Bentuknya begini:


Isinya apa? Ya nggak tau. Tapi kalo mau dijual lagi, plastik hitam yang nutupin bagian vehicle nggak boleh disobek. Kalo disobek dan udah keliatan apa mobilnya, maka harganya akan jadi harga Hot Wheels biasa, bukan harga Black Box lagi.

3. Waktu pertama kali dibuat, bodi Hot Wheels kebanyakan terbuat dari besi, sehingga lebih berat dan bagus. Namun, seiring berjalannya waktu, (mungkin) Hot Wheels banyak nerima komplen berkaitan sama bahan baku mobilnya. Secara ini mainan anak-anak ya, kalo dari besi, dilempar trus kena muka ya bonyok...

Makanya, akhirnya Hot Wheels beralih ke plastik. Lebih murah juga dari segi cost produksi, dan yang terpenting, aman untuk anak-anak.

4. Kultur collecting and hunting Hot Wheels ini bukan cuma hip di Indonesia lho. Malah Indonesia termasuk belakangan. Di Amerika, kolektor Hot Wheels udah sebanyak bintang di langit. Selling & buying HW pun udah ada sejak jaman purbakala. Seringnya sih di E-Bay.

5. Harga Hot Wheels berbeda-beda di setiap negara. Di Singapore, harga Hot Wheels standar Sing $3,9. Indonesia, Rp 30.000,-. Di Amiriki, US $1. Kalo sekarang gue tinggal di Amerika, mungkin nyimpen koleksi Hot Wheels udah bukan di box lagi, tapi di kerdus, sanking banyaknya.

Tapiii, harganya udah pasti segitu. Lepas dari vehicle apa yang ada di dalemnya. Pokoknya harganya dipatok sama rata. Berubah jadi lebih murah atau mahal, biasanya kalo udah sampe ke tangan kolektor yang juga seller.

6. Sebenernya, dulu gue dan Roy seneng bebelian HW dari kolektor. Meskipun mahal, mobil mereka udah pasti bagus dan punya daya jual.

Tapi makin ke sini gue sadar, bahwa kenikmatan yang sesungguhnya dari koleksi Hot Wheels adalah perburuannya. Makanya kami berdua mulai jarang beli sama kolektor. Instead, jadi betah aja dooong duduk berjam-jam di Toy's Kingdom atau Kidz Station melototin rak Hot Wheels. HAHAHA.

***

Akhirnyaaaa, bisa ditebaklah ya, sekarang siapa yang ketagihan banget bebelian Hot Wheels buat koleksi, bahkan sampe bikin postingan segala?

Ahahaha.

Oh iya, semoga tulisan aye tentang Hot Wheels indang bermanfaat ya. Terutama buat yang baru mulai ngoleksi Hot Wheels dan lagi nyari-nyari ilmu. Kalo punya HW error, aku dibagi dooong! *dicekek mati*

Lastly, happy hunting, Hot Wheels hunters!

PS: Follow @HotWheelsID di IG dooong! Itu akun milikku, khusus untuk jualan (dan pamer, tentunya) Hot Wheels :3

120 comments:

  1. Dulu, pas SD gue juga doyan beli Hot wheels, kalo udah ke mall pasti beli, sampe beli 4 mobil dalam 1 hari, trek juga ada 2 karna cuma di main gitu-gitu aja, ya bokap udah simpen dan nggk tau kemana. Btw dulu gue ada tuh yang Mobilnya spongebob the movie dan yang bisa berubah warna kalo di siram air.

    ReplyDelete
  2. Kak Gue nominasiin Liebster award ya!


    http://ericoeg.blogspot.com/2015/01/liebster-award.html?m=1

    ReplyDelete
  3. Ericoeg: Huaaaa mobil spongebob! Pasti lucu banget deh >.< Wuaaah thank you, tapi aku udah pernah ikutan nih >.< Tapi makasih yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis Sarah saya ada mau jual HW error..cb cek:
      http://www.kaskus.co.id/thread/54bbd3d40f8b4665758b4571/jual-hotwheels-error-very-rare/

      Delete
  4. R : Sipp, nanti kucek yaaa, thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sis sarah kalo mau jual hw error tu dimana ya?

      Delete
  5. mbak Sarah, td sy anter anak cari mainan di toko dekat rumah, banyak HW 2013 yg belum laku dan sy lihat2 ada fiat merahnya, hrg 27.000. kalau mau sy bisa bantu belikan untuk genapi koleksinya, asal diganti uangnya+ongkirnya.atau mungkin mau cari hw 2013 yg lain,sy bisa bantu cek di toko mainan deket rmh. yang sy inget td ada the simpsons warma hijau, batman yang warna army, dll

    ReplyDelete
  6. Balen : Mbak, terima kasih ya tawarannya. Tapi mohon maaf, aku lebih suka nyari-nyari sendiri :D I think that's the essence of collecting Hot Wheels itself. Sekali lagi terima kasih banyak yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Sarah, salam kenal saya (pak bukan mbak) :D . Tuhan Memberkati

      Delete
    2. Halo Sarah salam kenal, senengnya bs ketemu postingan ini krn jd ga ngerasa terlalu aneh sbg kolektor hw perempuan hehe. Mgkn kita bisa berteman pasti seru! ;)

      Delete
    3. Hai Ayu! Senang juga berkenalan dengan kamu. Liat dong koleksinya :D

      Delete
  7. Share cara virusin hobby koleksi hw ke istri dong mba he2..
    Klo saya nubie kolektor 1/64, krn minat racer jg, tp istri minatnya jd seller hw (koleksi saya) hi..hi..

    ReplyDelete
  8. Tgl 6 - 7 Maret 2015 di Balai Kartini ada pameran Toys..banyak HW tuuh..happy hunting ya Sarah... ^.^

    ReplyDelete
  9. Angga : Kalo saranku, istrinya diajarin dan diajak ikutan hunting juga. Pasti nanti berasa deh serunya. Aku sekarang kadang hunting sendiri, pacarku nggak ikutan. Hihi. Kalo udah mulai ngerti, ditinggal sejam di depan rak hotwheels juga anteng :))

    Dimas Tero : Wuaaah, makasih ya infonya! Kalo sempet mau dateng ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baca" di sini jd nmbah pngthuan soal Hw nh...thanx kak infonya. Brguna buat saya yg newbie nh..hehe. Oiya...saya punya nh kak scoobydo sm flinstone...blh sharing gak yg rare tu apa aja? . 51F49032

      Delete
  10. monggo diliat sis kalo mo nambah koleksi HW error nya :)
    http://kolpri89.blogspot.com/2014/07/purple-passion.html

    ReplyDelete
  11. kenikmatan yang sesungguhnya dari koleksi Hot Wheels adalah perburuannya

    ReplyDelete
  12. Untuk yang katanya 'newbie', artikel ini cukup oke...

    ReplyDelete
  13. Rico : sipp, nanti dilihat-lihat, thank you yaaa :D

    Nocopypastelink : setujuuu!

    Mahardhito : well thank you :D

    ReplyDelete
  14. Seneng nemu postingan mba sarah ini jd tau cara milih2 HW..beli HW cm buat nambahin koleksi ank2 aja tp emg sih bundanya yg paling napsu bebeliannya πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ apalagi klo pas dpt hrg murah lgsg khilaf deh...

    ReplyDelete
  15. Liliana : Hihihi. Aku kalo udah punya anak juga pasti lebih khilaf lagi :))) Soalnya punya alasan kuat buat bebelian, hahahahaha :D

    ReplyDelete
  16. makasih mbak sarah, ini berguna banget bagi yg mau mulai coba bisnis hotwheels :D
    kalo boleh tau mbak sarah jualan hotwheels nya lewat FB kah? atau apa gitu

    ReplyDelete
  17. Tio : Sama-sama yaa! Seneng kalo tulisannya bermanfaat :D Aku jualan lewat IG, follow ya, @hotwheelsid :D

    ReplyDelete
  18. terimakasih mbak sarah atas pencerahannya..tulisannya bagus, mudah dipahami bagi saya yang baru kenal dengan Hot Wheels..bisa jadi panduan untuk berburu HW..

    ReplyDelete
  19. Putuwarok : Sama-sama yaaaa! Terima kasih juga sudah mampir ke sini :D

    ReplyDelete
  20. Tx bgt pencerahannya mbak sarah, kebetulan aku newbie juga baru mulai koleksi HW dari awal taun ini kalo gak salah tapi sempet mandek karna gk punya uang, hehe. Padahal awalnya lagi ngomong sama temenkuttgkoleksi dan investasi dia malah ngajak tarung koleksi HW, eee sampe skrg dia gaada beli satu pun, ngomong2 yang '86 Monte Carlo SS aku punya tuh beli di Indomar*et. Heheh

    ReplyDelete
  21. Teuku Muhammad : Sama-sama yaa :D Hihihi, iya, di Indomaret emang suka banyak yang bagus :D

    ReplyDelete
  22. hehe iya. Ngomong2 HW palsu itu ada ya gak mbak sarah?

    ReplyDelete
  23. Teuku Muhammad : Setauku ada, beberapa HW buatan Cina. Makanya belinya di mall aja, lebih terjamin keasliannya :D

    ReplyDelete
  24. sekarang perburuan bisa lebih meluas lagi, karena alfamart juga jual HW. Untuk sementara alfamart yang besar yang udah tersedia. entah kalo alfa midi ada atau enggak?

    ReplyDelete
  25. mbak omg aku dipaksa baca postingan ini sama suamiku yang berusaha meracuni aku saking aku manyun terus tiap dia nongkrongin rak hot wheels. hahahaha. thanks for sharing mbak. agak terbukakan lah kenapa suami aku dalam sebulan bisa beli banyak hot wheels. masih untung sih, sebelumnya dia koleksi tomica, lah satuannya paling murah 100ribu. bangkrut kan ini rumah tangga. XD -- eniwei, suami aku ini nih jago gerlong yang komen di atas -_____-

    ReplyDelete
  26. Jago Gerlong : Betuuul, Alfamart, Haypermart, Carefour, bahkan dept store kayak Matahari, Debenhams, dan Centro juga jual. Jadi perburuannya udah nggak cuma di toko mainan aja :D

    Annisa Steviani : Owalah :))) Halo, salam kenal yaa :D You're welcome! Hihi, iya, tenang aja, setahun atau dua tahun dari sekarang bisa dijual lagi dengan harga yang (hopefully) lebih tinggi kok :D Itung-itung investasi, hihihi.

    ReplyDelete
  27. Sis salam kenal, kmarin nemu Hw seri fast n furius tp harganya hampir 50rb apa memang harga normalnya sgitu ya?

    ReplyDelete
  28. postingannya keren, izin share ya :)

    ReplyDelete
  29. Muhammad Rifani : Bisa jadi, harga pasaran mobil HW FF emang segituan kok :)

    Jajang Zaelani : Monggo :)

    ReplyDelete
  30. tips utk nyari HW di C4 and Hyp*rm*rt, liat dibelakang susunan mainan lain...krn biasanya suka di "parkir" disitu oleh SPB or SPGnya dan rata2 yg rare....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan rare itu, itu disengaja "rare" :D

      Delete
  31. Sandy : wuaaah makasih ya tipsnya! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama Mba'e, update baru....pengalaman kmrn ada 'spot' umpetan baru mereka...krn mgkin dibelakang mainan lain terlalu mainstream....di laci2 display furniture...happy hunting :)

      Delete
  32. Waah ada hw kolektor cewe, salam kenal ya klo pas ketemu hunting. Dan ssya setuju,klo kolektor itu essentialnya dapet dari gantungan. Smp2 berenti tiap indomart,apalagi klo tempatnya ud lbh di kampung. Dan sekarang udah merambah ke toko buku.

    ReplyDelete
  33. Baru aja beli HW 4 biji, semoga nambah lagi dan bini ga manyun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada uang lebih coba merk kyosho, greenlight,dan tomica limited. dijamin makin manyun istri anda :D

      Delete
  34. Januari 2015 punya 4, Juli 2015 "beranak" jadi 300an T_T, help me..! =D

    ReplyDelete
  35. Paulina : Setujuuuuu! *toss*

    Ibrahim Jaya : Hihi, semoga tahun depan harganya naik ya, jadi nggak dimarahin istri ;)

    Ernest Ibrahim : Huahahaha, sama koook. Dijualin aja kalo ada yang kurang disukai :D

    ReplyDelete
  36. wow postingannya mantep ^_^

    sedikit nambahin ya mba sarah untuk rare listnya yg ZAMAC belum tuh ;) dan untuk HW buatan china bukan berarti palsu qo, HW produksi di US, France, Mexico, Thailand, Malaysia, China dan Hongkong. saya punya beberapa HW made in China. Hongkong berhenti produksi tahun 1982 how rare is that :D tips bedain HW palsu sama asli gampang qo, kemasan, model, buble nya beda, biasanya lebih kasar, trus biasanya ada sticker kecil tulisan TOYS (mall)

    1 lagi yg masih rare di HW... ya kolektor cewe ahahaha *dzig!!!

    Happy hunting ^_^ & thankyou for your awesome post!!!

    ReplyDelete
  37. Irfan : Thank you :) Terima kasih juga untuk informasi tambahannya yaaa *toss sesama kolektor HW*

    Hihi, iyaa ya, belum banyak kolektor cewe HW :D Mungkin karena biasanya yang main mobil-mobilan cowok kali ya :D

    Happy hunting for you too! And you're very welcome :)

    ReplyDelete
  38. Ok hari ini pertama beli HW, 2 biji, cari info, "nyasar" kesini... sangat membantu artikelnya buat newbie, thanks..

    Btw dapat beli yg keluaran 2014, berarti udah setahun..harusnya skrg harga udah naik ya, xixixixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung itemnya, kalo butut/ kurang peminat ya segitu gitu aja :D

      Delete
  39. Hi Sarah, anakku lagi ngebet banget beli hot wheels tapi yang edisi luar angkasa kaya ada moon/mars rovers, space shuttle etc πŸ˜•πŸ˜• kira2 online shop ada yang jual seri ini ga ya? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di buka lapak banyak mba, kalo di fb ada yang namanya Bryan Garage sama Teng chien Wen item kapal star wars nya banyak dia harga masih rasional dan barang jarang nemu di mall mall :) #bukan promosi hanya membantu :)

      Delete
  40. Halo mbak... wah mantep bener nich postingannya... kmrn beli 3 pcs buat anak... eh sekarang aku yg katagihan buat koleksi...

    ReplyDelete
  41. hallo mbak sarah, salam kenal,
    setuju banget dengan keseruan dari hotwheels itu adalah perburuannya, sampe-sampe pacar saya pun sekarang ketagihan berburu mainan ini, ya karena alasan investasi dia ngasih saya izin buat beli mainan ini,awalnya tiap saya nongkrongin rak hotwheels doi pasti cemberut, sekarang gantian malah dia yang nongkrongin rak hotwheels..
    Web nya bagus banget ini untuk seorang newbie, saya juga newbie, mulai dari akhir tahun 2013 tapi sampe sekarang baru punya 80an pieces yang dikoleksi, kalo yang loose sih cari yang harganya murah sekedar untuk memuaskan hasrat ngeloose mainan ini...hehehe

    ReplyDelete
  42. HW yg rare menurutku adalah yang sudah tidak diproduksi lagi...
    seperti contoh Bugatti Veyron yang sudah habis kontraknya dengan Mattel di tahun 2010...
    dan sekarang Ferrari juga ngikut mengakhiri kontrak dengan mattel di akhir 2015...

    Jadi tahun depan ga bakalan nemu lg ferrari keluaran 2016..
    klo hunting di dept store udh ga asik lagi, banyak mafia dari spb/spg sampe tukang serok (yg suka nimbun barang agar rare)

    jadi aku di Medan lebih suka hunting di Indomaret ato Alpamart lebih seru lagi...
    karena sering nemu Super T-Hunt sampe puluhan... berkat keluar masuk 2 tempat itu...
    bahkan karyawannya sampe pada kenal...

    Aku udh mulai pensiun sih main HW, makanya itu banyak yg aku jualin..
    Mau lebih fokus ke airsoft..

    salam kenal deh buat Mbak Sarah yg lg keracunan HW

    ReplyDelete
  43. wew ada yang posting hotwheels ternyata, salam kenal mbak.....

    Makin sini kualitas hotwheels makin buruk, ditambah lagi para spekulan ngeborong yang katanya "hot item" di semua mall-mall yang jual hotwheels sampai-sampai nitip ke SPG/SPB mall nya. Kasian yang hunting di sana. Untungnya sekarang harga dinaikin jadi 30 ribu kalo bisa sih naikin lagi biar pure hunting ga titip titipan SPB/SPG lagi hahaha.

    Saran saya sih buat kolektor - kolektor baru, koleksi lah barang anda sukai bukan yang memiliki nilai yang "bakal tinggi" dipasaran. Anggap saja bonuslah ketika barang koleksian anda ternyata bernilai tinggi. Kalo kalian koleksi karena nilainya "bakalan tinggi" pastinya lebih cepat bosan dan lebih cepat menyesal, bisa dilihat di FB siapa yang cepat menyerah dalam ber"investasi hotwheels". hehe

    sekian :D


    ReplyDelete
  44. Mbak saya kan beli hot wheels di toko buku , harganya 24.900 tapi dibelakang ada kayak tempelan tulisan china dan ga ada sni nya.
    Itu hot wheels palsu ya mba? Mohon dijawab

    ReplyDelete
  45. kenapa engga beli 1 box aja mba? harganya 1jtan isi 72pcs, lumayan kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena nggak bisa milih :) aku lebih suka hunting satu-satu, sih :D

      Delete
  46. alhamdullilah gw bisa racunin cwe gw dan akhirnya dia jga ikut ngoleksi ya walaupun baru mulai

    ReplyDelete
  47. Saran sy berburu hotwheel ditoko mainan kecil yg jual maen2an dr cina,disitu bs bnyk dpt n pilihan...dan harga ny bs 18rb,20rb,22rb paling mahal 25rb..lbh murah dr indomart..sy beli batman 2 hw yg di senter dr wrn silver bs berubah jd wrn hitam cm 20rb+ homer simpson dll..langsung dr distributor jg bs per 2 lusin cm 17rb..for info dennyrahadian05@gmail.com ..cekitdot sis

    ReplyDelete
  48. Mbak, saran saya mending cari yang seri film, fast and furious, muscle car, exotic, sama thunt atu super thunt

    Happy hunting ya, salam kolektor

    ReplyDelete
  49. haiii....saya msh pemula banget di hotwheels,cuman saat ini sy lg seneng2 nya ama yg namanya american muscle. Tp aku nyari referensi list american muscle itu apa aja merk nya belom dapat2. bisa minta tlg dibuatkan list nya utk kategori american muscle,,,,tengkiyu

    ReplyDelete
  50. Satu lagi tips : kalo udah kategori jiper dan minder buat koleksi... batasi diri dgn hanya beli tipe tertentu..

    Contohnya ane yg cukup tau diri karena masoh pemula dgn budget terbatas dan gak punya cukup ketelatenan untuk.hunting yg rare item...
    Saya selalu beli yg basic aja.. yg murah2 doang, paling pol 30rebu...

    Tapi hanya yg Vintage Car, atau American Muscle dan tahun keluaran ssbelum 80-an (tahun mobil nya yaa... bukan HW nya)

    Karena membatasi diri jd ga.bakal lupa diri pas hunting, karena ga akan.beli yg bukan tipe tersebut



    Kelebihan lain, krn yg saya beli yg basic item, otomatis saya ga sayang ngebuka dari blister nya... ada rasa kepuasan tersendiri bisa menyentuh dan memainkan maenan serasa balik anak kecil lagi hahajaha

    ReplyDelete
  51. saya punya hotwheels banyak dan banyak yang rare atau langka tapi bungkusnya sudah dibuka? itu gimana dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling harganya agak jatoh kalo mau dijual lagi :) Tapi kalo untuk koleksi pribadi, nggak masalah kok ;)

      Delete
    2. Saya punya propper chopper terbalik, harganya berapa??

      Delete
    3. ada yang bisa bantu jawab? :D

      Delete
  52. Ada yg jual hw nissan skyline gak?yg seri fast furious kalo ada invite pin saya : 5A579B29 khusus medan.makasih

    ReplyDelete
  53. kalo hot wheels ada yang seri toyota hardtop ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hot Wheels ada merilis Toyota Landcruiser namun casting kurang menarik dibanding dengan Matchbox Toyota Land Cruiser FJ40.IMHO

      Delete
  54. 76379346, gw lagi mau cari enzo, share kalo ada masukan di contact w yak. thanks

    ReplyDelete
  55. Keren..keren!
    Kebetulan saya penggemar berat HW tipe Ferrari 156. Menurut saya antik tapi powerful.
    http://sketsa9.blogspot.co.id/2016/02/hot-wheels-ferrari-156.html

    Salam kenal, Mbak Sarah.

    ReplyDelete
  56. Gw punya 2 nih HW error. Satu, kebalik posisi mobilnya (Ban diatas). Satu lagi, nggak ada ban belakang.

    ReplyDelete
  57. hai kak q rifky q jg pnya beberapa koleksi hw tpi msih dkit q mau tanya di indonesia udh keluar hotwheels 2016 toyota supra warna hijau belum serinya hotwheels graphic kalo kakak udh nemuin itu HW tolong beri tahu kisaran harganya ya soalnya buat nglengkapin model mobil fast and furious walaupun beda decal sama cat sih hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rifky! Waaah, kalo soal mobil yang keluar di Indonesia, rajin-rajin cari info di google aja :D Banyak kok forum khusus penggemar Hot Wheels gitu :D

      Delete
  58. apa betul HW itu ada yang made in US dan Malaysia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kbanyakan HW batmobile saya buatan malaysia kok

      Delete
  59. nanya dong kak, kalo misal gw tau nih mobil ini TH dari browsing gambar, lalu apa semua mobil yang sama seperti itu TH juga? atau bbrp aja yg dilambangin TH? makasi kak

    ReplyDelete
  60. Buat yg cari Nissan Skyline seri Fast & Furious saya punya nich, atau kalo ada yg mo tukeran info bs WA 08978423323 makasih sebelumnya..... GOOD POSTING

    ReplyDelete
  61. Buat yg cari Nissan Skyline seri Fast & Furious warna biru saya punya nich, atau kalo ada yg mo tukeran info bs WA 08978423323 makasih sebelumnya..... GOOD POSTING

    ReplyDelete
  62. Hi Sarah Salam kenal
    Saya juga suka hw,bikin grup WA dong buat saling share tentang HW.juga itung2 nambah teman dan silaturahmi.

    Salam nubie HW

    Iwan 082298172077

    ReplyDelete
  63. Hi Sarah, Salam kenal, tulisannya bagus

    ReplyDelete
  64. wahh.. nice sis.. bru tw suka berburu jg kaum hawa yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak juga lho, cewek-cewek yang doyan HW. Hihi. Salam kenal!

      Delete
  65. Salam kenal Mba Sarah..saya Indra .baru keracunin koleksi hotwheels jg..He.he.he...Cuman mau nanya saya punya mobil seri Batman 5 packs....disalah satu mobilnya tulisan gothamnya error jadi gatham ..itu termasuk HW errors jga kah?harganya naik ga ya...(berharap)....

    ReplyDelete
  66. klo masa ane tahun 92 HW mystery car cuma 20.000 ane ada sekitar 75an tapi yg 50 gak ane buka sampe sekarang ane simpen dari 25 yg dibuka pun yg bagus cuma 4 unit itu juga salah satunya transformers optimus prime G1

    ReplyDelete
  67. klo gue sih untuk hot wheel lebih seneng yg versi formula fueler nitro x2 mmang mahal sih tapi enaknya jadi bisa experimen bahan bakar yg bagus buat mobilnya meskipoun udah dikasih 3 jenis formula nitro x2 (tablet, bubuk, cair) tapi ternyata bisa dipakein yg lain ky aer putih, teh sirop cuma inget bner itu pake aer putih pas ditester kecepatan jalan cuma 1 kilo sejam gliran pake pocari sweat sampe 12km sejam

    ReplyDelete
  68. seruuuu baca ceritanya...hahahahaha...serasa ini gue yang nulis
    pantengin rak dimulai dari jongkok, setengah jongkok, berdiri, jongkok lagi ampe berjam jam di toko maenan....sebelum beli...buka hp cek dulu....sambil mobil inceran di pegang biar gak keambil ama orang lain...abis cek ternyata mobil biasa aja....simpen lagi deh tuh mobil di gantungan dan pindah toko maenan untuk berburu lagi...hehehehe

    ReplyDelete
  69. ane pnya 2 HW twinduction glow wheels, satu hitam yg satu merah...
    klo ada 2 seri wrna gtu, kira2 d jual laku brp, soal'ny ane newbie neehh

    ReplyDelete
  70. Hai Sarah. Gw marsel gw juga ngoleksi.HW mungkin dah 120 item..... Seneng si kalo hunting..... Kadang kadang di ####maret atau Ck dpt yg langka

    ReplyDelete
  71. saya punya hot wheels error harga 50rb

    ReplyDelete
  72. Saya juga seperti mbak sarah, sangat menikmati pencariannya itu. Kl lagi milih2 bisa ampe berjam2 bahkan sering banget sampe ditungguin penjaganya dikira mau nyolong kali. Dan kl dapet yang rare atau TH wooow rasanya kaya abis dapet bonus

    ReplyDelete
  73. Mbak sarah, ada info yg jual lintasan hot wheels yg part belok sama boostermy ga? kalo nyari2 ditoko maenan pasti jualnya udah yg box paketan dan harga nya cukup mahal. terima kasih.

    ReplyDelete
  74. Mbak sarah, ada info yg jual lintasan HW part belok sama boosternya ga mbak? kalo nyari di toko maenan cuma ada yg box udah paketan dan itu harganya mahal. makasih mbak

    ReplyDelete
  75. Nyesel rasanya ngebuka blizternya.. :(

    ReplyDelete
  76. woooow.... tulisannya lengkap n bagus banget....
    ada kontak person di FB ato Instagram ?
    siapa tau bisa tukeran hot wheels hehehe

    ReplyDelete
  77. Bener banget mbak, the art of collecting hot wheels is the hunting process itself! Sejak 2005 saya sudah keluar masuk mall nyamperin Hypermart, Matahari, Gramedia buat berburu Hot Wheels.. Salut deh, senengnya bukan main kalo udah nemu mobil yang langka atau ngga keren banget hehe.. Salam, Fadli, Banjarmasin :D

    ReplyDelete
  78. keren tulisannya, lengkap, referensi pertama ane yg baru mulai keracunan..
    kalo mo liat2 balap hot wheels dan other stuff boleh berkunjung ke channel youtube saya mba...
    https://www.youtube.com/channel/UCp7-sYeAXMOpsBCm6x9yDqw

    ReplyDelete
  79. keren tulisannya, lengkap, referensi pertama ane yg baru mulai keracunan..
    kalo mo liat2 balap hot wheels dan other stuff boleh berkunjung ke channel youtube saya mba...
    https://www.youtube.com/channel/UCp7-sYeAXMOpsBCm6x9yDqw

    ReplyDelete
  80. Top buat kk' sarah,tq info nya....

    ReplyDelete
  81. hebat sarah. salam dari putrajaya

    ReplyDelete
  82. Hei ,,, boleh donk kita hunting bareng hehehe ...

    ReplyDelete