Friday, 19 December 2014

Singapore Day 3 - Madame Tussauds, SEA, & Changi Airport

Bonjour, Singapore!

Lagi-lagi bangun disambut cuaca mendung dan berawan.

Untungnya, lagi-lagi nggak lama kemudian, matahari mulai dengan malu-malu menampakan diri. Untungnya juga, badan gue udah much much better. YAY. Definitely ready to rock the last day!

Kami siap-siap dan bebenah, kemudian langsung menuju front desk untuk check out. Gutbay, Equarius. Gonna miss you!

Kelar urusan check out, kami menuju loker di samping USS untuk naro segala koper dan tas. Lagi-lagi dengan pertimbangan, bakalan cranky kayaknya kalo jalan-jalan sambil ngegendong bawaan segaban. Jadilah $20 melayang untuk sewa loker seharian. Ahahaha. Yastralahya.

Setelah hands free (literally), kami segera menuju ke Madame Tussauds, salah satu destinasi yang paling bikin gue excited di Singapore trip kali ini. Kami jalan kaki menuju Imbiah Station, kemudian belok ke kanan dan naik eskalator kira-kira empat kali. Sampe di atas, langsung ketemu deh sama banner dan pintu masuk Madame Tussauds. 

tadaaaa!

Berhubung sebelumnya tiket udah dibeli di Anaya Tour, tanpa berlama-lama lagi, kami langsung masuk. Oh iya, gue juga nggak beli buku yang ditawarkan di loket tiket MT Singapore, soalnya udah punya buku sejenis itu dari MT Hong Kong. Isinya kurang lebih sama, cuma tentang patung-patung yang ada dan sejarah MT. Alasan lainnya, mihil ah. $10 aja gitu. *melengos*

Nah sekarang, what's inside MT?

Patung lilin lah. Kalo isinya nasi sama lauk pauk namanya warteg dong ya... #abaikan

Dulu pas di HK, gue susah banget spelling Madame Tussauds. Maka seenaknyalah gue ganti nama tempat ini jadi House of Wax, terinspirasi dari salah satu film horor yang populer di tahun 2005. Maafkan aku ya, Madame Tussauds. *salim*

Trus, apa bedanya MT Singapore sama MT lain?

Sebenernya sama aja, intinya adalah patung lilin figur-figur dunia dengan skala yang persis sama seperti orang aslinya. Yang membedakan adalah, karena masih baru, keliatan sekali patung-patung di MT SG masih sempurna, tempatnya masih bersih, dan semuanya serba modern dan sophisticated. Propertinya pun masih paripurna karena brand new semua. Selamat tinggal, wig kusut di MT Hongkong!

Uniknya lagi, MT Singapore punya boat ride. Pendek banget sih track-nya, nggak sampe lima menit deh di atas kapal. But still, it was a nice additional gimick, karena MT biasanya identik dengan jalan kaki ngelilingin museum patung tok.

Emang ada patung siapa aja sih di sana?

Yang umum dan pernah gue jumpai di MT HK juga antara lain:

Angelina Jolie dan Brad Pitt - beda baju doang

Mari family selfie dulu

Yao Ming - persyis, masih dengan bulu keteknya yang berkibar-kibar
Michael Jackson - beda gaya
Mahatma Gandhi
Obama - gaya sama (What do you expect, Sar? patung doi lagi kayang?), baju sama, beda set doangan
Marlyn Monroe - beda pose
Lady Gaga - beda baju

Yang baru gue liat di MT Singapore:

Audrey Hepburn - dengan setting Breakfast at Tiffany. MAK <3
ET - LAAAAV LAV!


Ir. Soekarno 
Taylor Swift - Patung yang paling pingin gue jorokin supaya bopel dikit karena cantiknya sungguh keterlaluan.
Oprah Winfrey - lengkap dengan studio talk show dan TV kecil di belakang yang menampilkan talk show tersebut. Berasa artes beneraaan!


Jadi bagusan mana, MT Spore atau MT HK?

Spore, no doubt.

Alasannya adalah karena figur-figurnya rata-rata gue familiar, sedangkan pas di HK banyak yang gue gak tau, karena gak kenal sama artis-artis HK atau Cina. Di samping itu, mungkin faktor MT Spore lebih baru kali ya, jadi semuanya masih bagus dan nggak ada satupun properti atau set yang keliatan usang.

Terakhir, rekomendasi kenang-kenangan dari MT?

Di Madame Tussauds, ada spot-spot yang disiapkan untuk difoto dengan kamera milih pihak MT. Di MT HK, spot itu adalah di deket meja kerja Barrack Obama. Kalo di MT Singapore, di deket Queen Elizabeth. Kelar difoto, pengunjung bisa nebus foto buat dijadikan gantungan kunci atau magnet kulkas.

Kalo foto terlalu mainstream, opsi lainnya adalah bikin tangan dari lilin kayak begini:


Actually ini tangan lilin gue ini bukan bikin di MT Singapore sih, tapi dulu pas di Genting Highland Malaysia. Tapi kira-kira mirip begini. Berhubung udah punya, gue nggak nanya-nanya harganya. But somehow, menurut gue, ini adalah oleh-oleh yang paling pas untuk dibawa pulang dari Madame Tussauds.

Kelar bebelian souvenir, kami keluar dan makan siang di Malaysian Street Food. Gue pesen Nasi Lemak dan surprisingly... enyak lho! Puji Tuhan akhirnya ketemu juga makanan yang ada rasanya. By the way, Nasi Lemak tuh sebenernya terjemahan buat Nasi Uduk bukan sih? Kok rasanya mirip.

Selesai makan, kami menuju destinasi terakhir dari Singapore trip kali ini: SEA Aquarium!

SEA emang sengaja dijadikan puncak dari itinerary. Alasannya karena kami mau waktu berkunjung yang agak panjang, karena sight seeing-nya pasti lebih lama.

Seperti biasa, pintu masuk SEA mengarahkan kami pada Maritime Experiental Museum. Roy bertugas sebagai tour leader yang nerangin sejarah maritim Singapore, sedangkan gue bertugas sebagai fotografer.

Sampe di ujung museum, kami beli tiket untuk masuk ke Typhoon Theatre seharga $2, kemudian nunggu jam pemutaran film-nya dimulai. Pertunjukan Typhoon Theatre diadakan setengah jam sekali sepanjang hari. Actually, kalo nggak mau lewat Typhoon Theatre, bisa juga sih langsung masuk ke aquarium tunnel via eskalator. Tapi menurut gue, kalo udah ke SEA, nonton Typhoon Theatre-nya deh. You don't want to miss it, trust me.

Nggak lama kemudian, setelah kami selesai mendengarkan narasi cerita, pintu Typhoon Theatre terbuka. Kami masuk dan dibawa mengikuti petualangan tenggelamnya sebuah kapal dikarenakan angin taifun. That wasn't my first time, tapi kok ya noraknya sama aja. Nggak bisa berenti komen, "IH KEREN YA?" dengan kampungan. Hihihi.

Pertunjukan di Typhoon Theatre selesai, kami keluar dan masuk ke dalam area SEA Aquarium. Beberapa viewing panel besar langsung menyambut, dihiasi oleh ekosistem laut yang luar biasa cantiknya. Salut deh sama interior designer akuarium di SEA, kok bisa pas sih komposisi warnanya? Kombinasi ikannya? Makannya apa sih? Kok kreatif amat? *sruput otaknya* *horor*

Kami jalan-jalan dan dimanjakan oleh keindahan akuarium dan berbagai informasi mengenai biota laut yang ada di dalamnya. Tante dan om bahkan sempet ngerasain megang mentimun laut di Discovery Touch Pool. Kami tentunya juga nggak melewatkan kesempatan untuk foto-foto di Coral Garden dan Shark Seas. Oh iya, menyambut Natal, di Coral Garden juga ada pohon Natal lho. Epic!

Tapi, favorit place gue di SEA Aquarium sih tetep aja Open Ocean. Pokoknya cinta-secinta-cintanya! Boleh kemping nggak sih di dalem sini? Atau bayarin hanimun di Ocean Suites mungkin? *dikemplang*

Kelar jalan-jalan di SEA, nggak terasa, kami udah harus ngambil koper di loker dan segera ke bandara. So we waved good bye to Resort World Sentosa, and took a light train to Vivo City.

Di Vivo, gue sempet ngabur sebentar sama Roy ke Toy'R'Us buat hunting Hot Wheels. Dapet empat mobil yang lumayan bagus. Tanpa ba bi bu lagi langsung bayar dan lari-lari ke bawah, menuju stasiun MRT.

Off to Changi Airport!

Inilah salah satu faktor kenapa gue cinta sama Singapore. Mau ke erfot nggak usah pake macet. Ya Tuhan, kapan ya Jekardah bisa begini?

Sampe di Changi, kami check in, setelah itu bebelian beberapa oleh-oleh lagi. Abis itu waktu mau boarding, ada kejadian kurang ngenakin.

Jadi gue beli Ovomaltine buat oleh-oleh. Totalnya ada 4 jar, karna gue beli dua, maminya Roy beli dua. Gue sama Roy beneran nggak ngeh ini termasuk cairan dan nggak boleh masuk cabin. Jadi waktu koper kami harus digeledah dan 4 Ovomaltine itu dibuang paksa sama pihak erfot, gue cuma bengong. Abis itu nangis di pesawat sambil berkali-kali bilang sama Roy "If only we knew...", trus manyun.

Melayanglah kurang lebih empat ratus ribu gara-gara kami berdua nggak teliti. Tau gini pake bagasi satu. Hiks.

Yastralah ya, anggep aja buang siyal.

At least, terima kasih ya Singapore! Can't wait to see you again! Probably in 2015? Pas Battlestar Galactica udah kembali operasi? *lirik-lirik*

Sekian trip report versi Sarah Puspita untuk perjalanan ke Singapura kali ini. Semoga selalu diberi umur panjang dan rejeki buat melihat dunia sama Roy. A? MINNNN!

PS: Ermm, ternyata beneran bisa 'kemping' lho di SEA. Find out more here!

11 comments:

  1. Akhirnya cerita ke Madame Tussaudnya muncul juga. Ih Sarah seru banget bisa ke Madame Tussaud. Aku iri huhuhu.

    ReplyDelete
  2. halo, aku mau nanya dong.
    ada ketentuan harus dateng jam berapanya gak kalo beli tiket dari indo? soalnya aku pernah ke MT bangkok beli dari indo, terus harus udah ada di MT sebelum jam 12 siang.
    soalnya rencananya aku 1hari buat ke USS lanjut ke SEA terus baru deh ke MT.

    thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
  3. Icha: Hihihi, semoga nanti kamu bisa ke sana juga ya sayang <3

    Ana Hikhas: Kayaknya sih nggak ada ketentuan harus dateng jam berapa ya :D Tapi, nggak sayang ke USS, SEA, dan MT dalam satu hari? Takutnya waktunya jadi pendek, secara USS kayaknya udah ngabisin setengah hari sendiri >_<

    ReplyDelete
  4. Jadi iri -_-
    Kemarin kesana belum buka.

    ReplyDelete
  5. Eric Joordan: Iya nih, MT emang baru banget buka pas gue ke sana :D Ayo balik lagiiii :D

    ReplyDelete
  6. iya setelah dipikir-pikir, jadinya di pisah buat ke ussnya hehehe

    aku juga mau nanya dong, kamu kan beli tiketnya di anaya tour ya, itu yang kamu beli MT aja atau semuanya?
    terus step by stepnya kayak gimana ya? aku masih nyari2 tempat buat beli tiketnya soalnya, berhubung kamu udah pernah jadi aku tanya ke dulu ke kamunya hehehehehe
    maaf banget kalo ngerepotin

    ReplyDelete
  7. Ana Hikhas: Di Anaya tour, tiket MT dibundling sama image of Singapore sama Wings of Time :D Tapi harganya jauh lebih murah.

    Kalo step-stepnya sih, aku beli dari Jakarta, transfer di sini, abis itu di Singapore aku ambil di kantor Anayanya. Sebenernya bisa sih minta anter tiketnya ke hotel, tapi kena additional charge lagi :D

    ReplyDelete
  8. mau nanya lagi ya hehe
    kantornya gampang ditemuin gak kira2? kalo naik mrt turunnya di stasiun apa ya? hehehe

    ReplyDelete
  9. Ana Hikhas: Gampang kok :D Turunnya di China Town, trus ambil exit A, jalan ke arah McD, trus masuk ke mall-nya, langsung ketemu eskalator, turun dua kali, ketemu deh sama Anaya Tour :D

    ReplyDelete
  10. sarah, aku kan udah order di anaya nih, trs cuma dapet balesan "order status change" jadi awaiting pickup. Terus ada kelanjutannya lagi gak? ada yang harus diprint?

    ReplyDelete
  11. Ana Hikhas: Yup, berarti tinggal ambil nanti di China Town :) Roy sih waktu itu nggak bawa apa-apa ya. Pas ngambil cuma ditanya nama pembelinya, jadi tinggal kasih tau nama kamu deh :)

    Tapi kalo mau aman, dibawa aja print out emailnya :)

    ReplyDelete