Wednesday, 19 November 2014

Tipe-Tipe Bos Nyenengin

DISCLAIMER:

Postingan ini merupakan lanjutan dari Tipe-Tipe Bos Nyebelin.

***

Nggak melulu yang namanya bos itu sifatnya angkuh dan galak seperti yang umumnya ada di film-film. In fact, gue pernah ketemu atau bahkan punya atasan yang baik dan mau ngerti staff-nya.

Karena iseng itu, gue mencoba menghubungkan karakter bos-bos berhati mulia ini dengan tokoh-tokoh protagonis Disney. Penasaran? Mari liat sama-sama.

1. Beast


Tokoh protagonis dari film Beauty and The Beast ini udah pasti gak asing lagi. Beast, unlike casing-nya yang galak dan mengerikan, sebenernya berhati lembut. Ia memperlakukan Belle dengan baik di istananya, bahkan merelakan gadis itu untuk kembali kepada papanya ketika beliau sakit keras, dengan resiko kutukan 'Beast' akan abadi selamanya.

Beast mewakili bos-bos yang punya tampang segalak macan, tapi hatinya justru baik banget. Mereka mau dengerin bawahannya, care sama masalah atau kesusahan staff-nya, dan demokratis. Punya bos kayak begini? Dijamin kantor nggak berasa neraka dan Senin nggak perlu dibenci.

2. Li Shang


Li Shang adalah anak dari General Li, pemimpin dari tentara Cina. Li Shang didaulat menjadi pemimpin kamp pelatihan tentara-tentara baru (termasuk Mulan, yang saat itu menyamar jadi laki-laki) yang akan maju berperang. Berkat kecerdasannya -meskipun staminanya sempet diragukan di awal- Mulan sempat menyelamatkan Li Shang saat mereka bertarung dengan Shan Yu dan gerombolannya.

Bos-bos dengan karakter Li Shang ini adalah kebalikan dari tipe Ursula. Mereka mau mempertanggung-jawabkan pekerjaan anak buah dan selalu pasang badan ngelindungin nama baik staff-nya. Pokoknya punggung aman, deh. Nggak bakalan ditusuk dari belakang.

3. Woody


Ada penggemar Toy's Story di sini? Hihi, sama dong! Di semua sequel film Toy's Story, sekumpulan mainan-mainan Andy yang hidup punya seorang leader, namanya Woody. Woody, layaknya seorang pemimpin yang baik, selalu berusaha untuk melindungi temen-temennya. Dia selalu terlihat berani dan teguh, walopun sebenernya, kadang-kadang dia juga merasa takut, ragu, atau sedih.

Woody mewakili bos-bos yang punya karakter true leader. Bos-bos seperti ini selalu bisa diandalkan untuk urusan decision making. He/she decides and responsible for his/her decision. Mereka juga lebih banyak membimbing ketimbang menyuruh, dan melihat staff / bawahannya sebagai rekan kerja yang harus dihargai. Tipikal bos yang patut disyukuri, pokoknya.

4. Flynn Rider


Eugene Fitzherbert adalah nama asli pasangan Rapunzel ini, walaupun ia lebih akrab dikenal dengan nama Flynn Rider. Flynn, yang saat itu sedang dikejar oleh Maximus -seekor kuda kerajaan- karena mencuri mahkota, lari ke menara tempat Rapunzel tinggal. Sialnya, bukannya lolos dari kejaran Maximus, doi malah dipentung sampe pingsan pake frying pan sama Rapunzel. Setelah dia sadar, Rapunzel mengajukan sejumlah deal jika ia ingin tahu di mana mahkota curiannya disembunyikan. Ngerasa nggak punya pilihan lain, Flynn akhirnya setuju. Di perjalanan melaksanakan deal tersebut, keduanya jatuh cinta. Rapunzel menyukai Flynn yang hangat dan konyol, sedangkan Flynn terpesona oleh kepolosan dan keceriaan gadis itu.

Karakter Flynn ini persis banget sama bos gue yang terakhir. Agak nyeleneh, tapi punya kepribadian yang menyenangkan. Suka ngajak ngobrol, doyan bercanda, dan bikin kantor rame sama celotehan dan tingkahnya. Bawaannya nggak serius melulu, jadi staff dan situasi kantor pun jadi rileks. Jempol!

***

Itulah tipe-tipe bos nyenengin berdasarkan Disney's Character versi akik. Mohon maap kalo ada yang terlihat maksa ya. Namanya juga usaha.

Kalo bos kamu yang mana?

Eh atau ganti deh pertanyaannya.

Tipe bos yang manakah kamu? :)

No comments:

Post a Comment