Wednesday, 12 November 2014

Tipe-Tipe Bos Nyebelin

Pengalaman kerja yang hampir dua tahun ini membuat gue ketemu dan berinteraksi sama bos-bos dengan beragam kepribadian. Ada yang baik dan ramah, tapi ada juga yang nyebelin dan doyan nyuruh anak buahnya ngelakuin beragam hal yang mustahil, seperti stock opname gudang seluas pulau Jawa dalam satu malam (kamu pikir saya Bandung Bondowoso yang punya banyak kolega Jin?), nyiapin laporan keuangan dalam waktu sepuluh menit, lompatin lingkaran api, dan masih banyak lagi.

Kalo lagi berhadapan sama bos yang nyebelin begini, biasanya otak liar gue suka dengan otomatis ngasih mereka julukan. Bukan julukan kasar dan berbau-bau kebun binatang ya. Berhubung gue (ngakunya) Disney Freak sejati, julukan-julukan yang gue 'anugrahkan' justru diambil dari karakter-karakter Disney. Hehehe.

Setelah cukup banyak, gue jadi kepikiran buat ngerekap di sini. Penasaran? Yuk mari tengok!

1. Ursula


Inget sama Disney's Villain yang satu ini? Dari film apa hayo? Yak betul! The Little Mermaid! *ngomong sendiri*

Dalam cerita The Little Mermaid, Ursula menawarkan 'bantuan' untuk mengubah Ariel (bukan Ariel yang itu) menjadi manusia saat ia jatuh cinta dengan Prince Eric. Tapi berhubung there's no such thing as free lunch, sebagai gantinya, Ursula ngambil suara Ariel. Dia ngasih sejumlah persyaratan kalo Ariel mau dapetin suaranya lagi dan jadi manusia selamanya. Tapi dengan berbagai trik, dese berusaha keras untuk menggagalkan Ariel.

Sama kayak Ursula, tipe bos macem ini tuh biasanya manipulatif. Kerjaan udah beres tetep dikritik pedes, dia yang keliru orang lain yang dimarahin, hobinya nyari kesalahan orang. Trus biasanya tukang fitnah dan suka ngambing hitamin staff atau bawahannya.

2. Wicked Queen (Queen Grimhilde)


Siapa sih yang gak benci kenal sama Wicked Queen? One of the most famous Disney's villain, ever. Jadi jahat karena dia iri sama kecantikan putri tirinya, Snow White. Setelah gagal melakukan berbagai percobaan pembunuhan, akhirnya dese dateng sendiri dengan menyamar sebagai nenek tua, kemudian menawarkan apel beracun kepada Snow White.

Wicked Queen itu tipe bos yang suka nambah-nambahin kerjaan dan tanggung jawab, tapi paling ogah naikin gaji karyawan. Biasanya kejadian kalo ada staff yang resign, tapi perusahaan lagi gak mau nambah karyawan. Dioperlah itu kerjaan ke staff yang masih ada. Alasannya gak jauh-jauh dari efisiensi. Padahal mah, itu apel beracun yang pelan-pelan bakalan ngebunuh. Gaji segitu-segitu doang, kegerus inflasi pula, tapi job desc makin lama makin menggunung. BHAAAAY.

3. Randall Boggs


Siapa yang udah nonton Monster Inc.? Kalo udah, pasti sebel deh sama tokoh antagonis yang satu ini. Nggak pernah mau kalah, sehingga akhirnya menghalalkan cara apapun untuk menang. Siapa lagi kalo bukan... Randall. 

Randall mewakili bos-bos yang punya slogan ABS, alias Asal Bapak Senang. Mereka akan melakukan apapun, lepas dari benar atau salah, halal atau tidak, cuma supaya bos besar di atas mereka puas. Doyannya cari muka dan nggak suka dikalahin.

4. Cruella de Vil


Cruella adalah salah satu Disney's Villain yang paling memorable dan nyentrik. Diceritakan, doi super fashionable dan kepingin banget punya fur coat dari dog pelt. The Radcliffes couple, Anita dan Roger, pemilik dari anjing-anjing Dalmantians, tentu saja menolak keras. Tapi Cruella nggak peduli. Dia memaksa, bahkan sampe mengutus dua orang pencuri untuk nangkep anjing-anjing tersebut.

Tipe bos macem Cruella biasanya yang sering bilang, "Pokoknya saya nggak mau tau.". Keinginan mereka harus selalu diturutin dan permintaan mereka harus selalu jadi, lepas dari kondisi yang ada. Sebelas dua belas sama Tuhan deh. Kalo udah bersabda, gimanapun caranya harus terlaksana. Hobinya ngasih kerjaan yang mustahil, dan paling gak suka dapet email atau telpun yang isinya berbau-bau ijin nggak masuk kantor karena sakit. Pokoknya heartless.

5. Jafar


Waktu kecil, gue serem-serem-sebel sama Om Jafar-nya Aladin. I hate his evil smirk. Gak tau kenapa tapi gak suka aja. Waktu gue baca lebih dalem mengenai Jafar, Disney emang ngegambarin tokoh ini sebagai psikopat amoral yang nggak akan segen-segen ngancurin siapapun yang ngalangin niat jahatnya.

Pernah nggak sih ketemu sama bos model begini? Bawaannya bete kalo ngeliat orang hepi, trus sebel kalo liat staff atau bawahannya sukses atau dipuji orang lain. Nggak ada alasan kuat dibaliknya, cuma emang dia nggak bisa ngeliat orang lain seneng aja. That kind of people we simply love to hate, soalnya bawaannya negatif melulu. Kalo istilah gue, emang udah jahat dari sononya.

***

Hehe. Kira-kira itu tipe bos-bos nyebelin berdasarkan Disney's Villain versi gue. Yang versi baiknya? Ada kok! Tungguin ya.

Anyway, bos kamu yang mana? :>

2 comments:

  1. hahaha kreatif sar, sampe kepikiran ngasih nama tokoh disney, klo di kantor gue, berhubung indonesia banget ya (semuanya pake seragam) jadi ngasih julukanpun juga indonesia. misal Gusti Ratu atau Nyai Dasimah gitu sar

    ReplyDelete
  2. Kak Presy : Huahahah iyah, kadang julukan ini aku pake buat sandi juga kak :)) Jadi kalo ngomong di depan yang bersangkutan doi gak nyadar :))) *jahat*

    Anyway Nyai Dasimah itu juara banget deh XD

    ReplyDelete