Friday, 4 April 2014

The Next 3 Days - Review


Udah lama banget gue mau nge-review film ini, tapi kelupaan melulu. Biasa, kalo nonton film inspiring dan bagus, bawaannya kepingin seluruh dunia tau, deh. Apalah daya niatnya baru terlaksana sekarang, padahal kelar nontonnya mah udah dari tiga tahun lalu. Basi ya. *angetin di microwive*

Anyway, ada yang udah nonton?

Untuk yang udah dan bilang film ini super jenius, heartwarming, dan baguuus banget, selera kita sama :D

Untuk yang belum nonton, mari gue jelaskan mengapa menurut gue, film ini anjis-anjisan kerennya.

The Next Three Days (TNTD) bercerita tentang perjuangan John Brennan (Russell Crowe) untuk mengembalikan istrinya, Lara Brennan (Elizabeth Banks) ke rumah mereka. Jadi sekarang, Lara berada di penjara karena dituduh membunuh atasannya sendiri. Kondisinya makin buruk ketika pengajuan banding Lara ditolak, dan anak mereka, Luke, 'menolak' Lara saat John mengajaknya berkunjung ke penjara. Puncaknya, Lara mencoba bundir, karna nggak tahan sama kehidupan di penjara.

John, yang heartbreaking berat ngeliat kondisi istrinya, akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan istrinya dengan paksa. Whatever it takes. Pokoknya dia, Lara, dan Luke harus bisa berkumpul kembali. Dia mulai bikin riset, puter otak mikirin cara, belajar ini itu, sampe ngerampok gembong narkoba karna misi pelarian Lara butuh dana yang nggak sedikit. Susah lah intinya, nggak kayak bisa sogok-sogok kelar perkara macem di sini.

Berikutnya, gue dibawa mengikuti jatuh bangun John -yang notabene dosen dan nggak punya catatan kriminal sebelumnya- dalam merencanakan misinya. Dia mencoba untuk pertama kali dan sempet gagal. Hampir ketahuan. Tapi berhubung nggak ada bukti kuat, akhirnya dia dibebaskan, tapi diginiin sama polisinya, "Istri lo tuh udah di penjara. Kalo elo sampe masuk penjara juga, anak lo apa kabar?"

John cuma diem, jalan cepet keluar kantor polisi, dan... muntah. Manifestasi takut, gugup, kalut, panik, bingung, dan berbagai emosi lain yang nyampur jadi satu waktu dia diinterogasi. Gue ngeliatnya sampe mau nangis. Kasian (T_T) He's that desperate. Keluarganya diambang kehancuran, istrinya hampir mati bunuh diri, anaknya gak mau kenal maminya lagi dan sering mimpi buruk, dan dia sendiri, hampir masuk penjara juga, yang mana akan menyebabkan anaknya yatim piatu dalam waktu lama kalo sampe beneran kejadian. Resiko kalo sampe misi ini gagalpun, dia dan Lana bakal ditembak di tempat.

Mak :(

Tapi apakah dia berhenti sampe di sana? Nggak dong. Karna dia udah janji sama dirinya sendiri, bahwa apapun yang terjadi, Lara harus bebas. Kalo udah nggak ada harapan pake jalur hukum, yaudah, pake cara dia. Dia harus resikoin semuanya, atau dia bakal kehilangan segalanya.

Satu lagi yang membuat tekadnya nggak pernah padam adalah keyakinan bahwa istrinya nggak pernah membunuh. Bahkan di saat smua bukti mengarah pada Lara dan semua orang bilang dia bersalah... still he trusts her wife.

Jadilah dia beli pistol, bikin paspor baru, identitas baru, jual rumah, jadi perampok, dan mempersiapkan apa aja yang dia butuhkan untuk membebaskan Lara. Setengah film ini menceritakan perjalanan dan usaha kabur plus kejar-kejaran mereka sama pulisi. Tegang, tapi juga jenius dan cerdas. Maaak aku cinta sama John Brennan *elapin keringetnya*

Selain bikin hati gremet-gremet, film ini juga sangat-sangat-sangat heartwarming. Usaha seorang suami untuk membebaskan dan membela sang istri, unconditionally love, keyakinan dan juga kepercayaan, sukses bikin gue meleleh kayak es krim. Dan yang paling penting, pesan yang gue dapet dari film ini adalah tentang memperjuangkan kebenaran yang lo yakini, kalaupun elo berdiri sendirian.

TNTD adalah salah satu film yang paling gue suka, baik dari segi pemeran, alur cerita, maupun eksekusinya. A must watch movie!

There is light at the end of the tunnel - it's hard, 
dark, gruelling journey to get there, but it's worth it.

4 comments:

  1. Sepertinya keren nih. Aaaaaaaaaakkk. Banyak spoiler di sana sini. Tapi malah bikin jadi pengin nonton. :DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo nontoooon! bet you'll like it too! :D

      Delete
  2. Udah nonton ini, endingnya ada twistnya, lumayan menghibur lah, hehe.

    ReplyDelete