Wednesday, 12 February 2014

S.E.A Aquarium - a Journey to Under the Sea

You'll think River Safari is the best... until you see S.E.A Aquarium.

Mari gue jelaskan beberapa fakta tentang tempat ini:

1. S.E.A Aquarium adalah akuarium terbesar di dunia.
2. Memiliki 100.000 hewan laut, dan kurang lebih 800 spesies.
3. S.E.A Aquarium juga memiliki Viewing Panel TERBESAR di dunia (36 m x 8.3 m).
4. Mereka punya... Manta Ray.
5. ...dan Shark Seas.

Now, let's get started.



Pintu masuk akan mengarahkan pengunjung pada Maritime Experiental Museum.

Museum ini berisi sejarah dari Maritim Asia, juga Singapore tempo dulu, yang merupakan pelabuhan perdagangan. Ada kapal-kapal, artefak, serta guci dan rempah-rempah yang dulu dipakai sebagai alat tukar. Sanking gedenya kapal di museum ini, saat proses waktu pembangunan museum, kapalnya dulu yang dimasukin, baru mereka bikin atapnya. :O

Si Ganteng :*
source

Setelah selesai berkeliling, kami diarahkan untuk menonton sebuah film pendek, pembuka dari petualangan di dalam Typhoon Theatre. Teater ini memiliki 360ยบ screen, lengkap dengan efek angin besar dan percikan air, yang akan membuat penontonnya seolah benar-benar berada di dalam sebuah kapal yang sedang dihadang oleh badai Taifun. Keren, aselik. Pengalaman yang 'beda' dan luar biasa :D

source

Keluar dari studio, kami disambut oleh sebuah akuarium besar dengan sebuah kapal yang karam di dalamnya. Bener-bener kayak masih engaged deh sama cerita di Typhoon Theatre tadi. Gue salut sama yang bikin ide penempatan museum, narasi cerita dalam Typhoon Theatre, dan dekorasi akuariumnya. Dibikin ada ceritanya gitu, jadi setelah kita 'tenggelam' karena Badai Taifun, sekarang ceritanya kita jalan-jalan di bawah kedalaman laut.

Kapal yang tenggelam

Ada Floor Aquarium juga lhoooo *giggle* Jadi, di S.E.A Aquarium, kita dikasih semua opsi untuk menikmati kehidupan bawah laut di dalam akuarium. Bisa dari atas (Floor Aquarium), dari samping, ataupun, dari bawah (Ocean Dome). Bahkan, mereka punya Discovery Touch Pool dan Coral Garden juga!

There's a Sting Ray below my feet :>

Penempatan akuarium dan isinya, dikelompokan sesuai dengan Zona atau Spesies masing-masing. Ada sepuluh area yang bisa ditemui di S.E.A Aquarium, yaitu:

1. Strait of Karimata & Java Sea
2. Strait of Malacca & Andaman Sea
3. Bay of Bengal & Laccadive Sea
4. Ocean Journey
5. Open Ocean (di sini terdapat World's Largest Viewing Panel)
6. Arabian Gulf & Sea
7. Red Sea
8. East Africa
9. South China Sea
10. and my favey : Shark Seas


Finding Dory!
Sea Jellies!



Ada 3 akuarium Sea Jellies, satu yang terbesar populer banget di instagram karena warna lampunya bisa berganti-ganti. Gue baru pertama kali melihat Sea Jellies dari dekat. Sea Jellies, yang selama ini kita kenal dengan nama Jelly Fish, ternyata sama sekali nggak punya karakteristik ikan. Makanya, secara inisiatif S.E.A Aquarium mengubah sebutannya menjadi Sea Jelly. :)


Di penghujung petualangan kami, lagi-lagi gue dibuat menganga kagum oleh Shark Seas! Akuarium ini isinya berbagai macam jenis Hiu. Bayangin deh kalo nggak sengaja kecemplung ke sini. Satu menit langsung game over pasti ya (--,) Ilang, tinggal tulang.


Oia setelah kawasan Shark Seas, ternyata ada museum lagi yang nyambung sama museum di atas :D

Bang, pegel ya mikir melulu?

Trus ada toko merchandise juga yang jual souvenir lucu macem ini:

Kaos lucu tapi mahal :(

Overall, it was a very beautiful and amazing journey we had back at S.E.A Aquarium. Satu yang berkesan banget sampe saat ini adalah keajaiban keindahan viewing panel-nya. Duh, sampe sekarang masih suka gremet-gremet sendiri kalo inget. Aduuuh. Tjakeup. Akuariumnya segede gaban, penerangannya sengaja diredupkan (cahaya yang masuk dari akuarium aja), dan musik yang mengalun beneran bikin gue ngerasa nyelem ke dalem laut deh. Kereeen, aselik, kereeen! Gak heran ya, digadang-gadang banget viewing panel terbesar di dunia-nya ini. Wong emejing!

S.E.A Aquarium Resort World Sentosa has seriously brought aquarium into a whole new level. Senang sekali berkesempatan mengunjungi akuarium terbesar dengan viewing panel yang juga terbesar di dunia. A very wonderful place, indeed! *dadah-dadah sama Manta Ray*

Sekarang, yuk mari, lanjut ke destinasi terakhir kami : Garden by The Bay!

8 comments:

  1. Wah liburannya asik dan seru-seru! Beruntungnya! Oh iya pengen melihara satu juga dong :D

    ReplyDelete
  2. Gue baru tau di Singapore ada akuarium terbesar di dunia.

    Kapal-kapal di musiumnya juga gede banget, ya. Hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :D

      Next time kalo ke Singapore harus banget mampir ke sini :)

      Delete
  3. Desember 2012 aku ke sini dan nggak ada Typhoon Theatre sebelum masuk ke SEA Aquariumnya :(( Dari ceritamu, itu seems soooo kewl!

    kaosnya beneran lucu ._. sayang mahal ya ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin belum ada ya waktu akhir tahun 2012 .___.

      Gapapa, nanti main-main ke sana lagi :D And yes, it was very cool :>

      hihi iya, souvenirnya smua muahaaaal :)))

      Delete