Monday, 27 January 2014

ILLUCINATI - #GKJ25JAN

Sabtu kemarin, tanggal 25 Januari 2014, gue (luckily) berkesempatan lagi untuk menyaksikan stand up special dari salah seorang komika favorit gue, Ernest Prakasa. Tahun lalu, tiga kali gue menonton show doi. Ernest Prakasa and The Oriental Bandits, Tarung Tawa, dan Mentertawakan Indonesia. Bukan, bukan karena gue cinta mati sama doi (--,) Cuma kebetulan, dia adalah komika favorit gue dan pacar. Jadi di setiap show, nggak ada dari kami yang hanya sekedar 'menemani'. Dua-duanya datang untuk menonton, dan itu sangat menyenangkan. :)

Nah, kemarin, dengan tajuk Illucinati, Ernest akhirnya sampai di Jakarta setelah menyelesaikan tour di 16 kota. Dia (dengan gilanya) mengadakan tiga show dalam satu hari, pukul 12.00, pukul 16.00, dan pukul 20.00. Gue dan pacar memilih show kedua, pukul 16.00, dengan pertimbangan, Ernest pasti sudah 'panas', dan sudah belajar dari kekurangan show yang pertama. Lalu kenapa bukan show ketiga? Karena gue takut doi pingsan. Memikirkan ada kemungkinan seratus dua puluh lima ribu gue melayang sia-sia, akhirnya kami putuskan menonton show kedua. Paling aman.

Spesialnya lagi, di Illucinati, gue membawa tiga orang bener-bener pertama kali baru menonton stand up show secara live. Mereka adalah adek gue-Owen, Hana, dan Catherine. Mereka udah pernah nonton stand up di youtube atau Metro & Kompas TV, tapi ini adalah pengalaman pertama mereka menonton dengan durasi kurang lebih satu jam penuh. Singkatnya, kalo sampe mereka nggak suka, gue yang digantung dan ditodong gantiin seratus dua puluh lima ribu mereka. :))

Rombongan kami :D

Illucinati di buka dengan MC yang sama caurnya, David Nurbianto. Doi menginformasikan sejumlah peraturan berkaitan dengan ketentuan dari Gedung Kesenian Jakarta dengan gayanya yang kocak minta ampun. Logat-nya Betawi banget, tapi mukanya Cina. Alhasil belom sampe opener, adek gue udah ngakak minta ampun. Catherine berkali-kali menengok ke gue dengan tatapan bingung. Mungkin dia mau nanya, "Sar, ini orang baru kabur dari rumah sakit jiwa ya?" tapi nggak berani. :)))

Setelah itu, panggung diserahkan kepada Arie Kriting. Doi membuka Illucinati dengan bit seputar film pertamanya, Comic 8, juga tentang kehidupan di Indonesia Timur. Yang paling kocak menurut gue adalah bit tentang mabok.

"...tapi ini pertama kali kan kita berhasil ngumpulin uang lima ratus ribu walaupun gak ada alasan buat mabuk? MABUUUUK!" :))))

Menyelesaikan setnya diakhiri dengan tepuk tangan riuh, panggung kembali diserahkan kepada MC. MC memanggil tuan rumah acara, yang ternyata muncul dari belakang melewati bangku penonton, dengan kepala tertutup kain hitam dan diseret oleh dua orang bodyguard. Entah Ernest punya salah apa sampe dikarungin gitu. Tapi, dua orang nyeret Ernest ini (kasiannya), salah tempat. Mereka malah ngegiring founder Illucinati ke markasnya sendiri. Alhasil, malah disergap deh mereka sama dua orang jagoan kungfu. Baru sampe sini aja gue udah ngebatin, anjir niat banget ini. Cara masuknya aja dipikirin dengan mateng-mateng, lah wong sampe ada lampion segala loh di panggung. *mangap*

Soal performa, Ernest, seperti biasa, tampil prima dan menghibur. Bit-bitnya di Illucinati sebagian besar mewakili keresahannya berkaitan dengan apatisme dan ketidaktahuan anak-anak muda tentang politik, yang bisa banget dimanfaatkan sama penguasa yang merasa bisa mengambil keuntungan dari kondisi tersebut. Rasanya kemaren gue nggak cuma sekedar menonton stand up, tapi juga diedukasi dengan cara yang fun mengenai tokoh-tokoh politik Indonesia.

Bit favorit gue, tentang Roy Suryo dan ARB serta lumpur-nya yang dibilang bencana alam itu.

"Nih ibaratnya ya, lumpur itu tai-nya Bakrie. Masa iya dia yang eek, kita yang disuruh bersihin?" :))))

Gue udah pernah denger bit ini di Mentertawakan Indonesia, tapi entah kenapa cara penyampaian doi yang kocak masih bikin gue ketawa terpingkal-pingkal.

Surpise-nya lagi, kemaren ada dua orang yang nggak disangka-sangka akan berbagi panggung dengan Ernest, Sky dan Ahok. Yep, that Ahok, wakil gubernur DKI Jakarta, datang di show kedua. Sky menghibur kami dengan kepolosannya sewaktu gadis kecil itu melakukan percakapan singkat dengan papanya, sedangkan Ahok... astaga epic banget rasanya mengetahui kalo orang yang diomongin Ernest di beberapa bitnya, ada dan duduk bersama-sama kami. Di akhir acara, Ahok naik ke panggung untuk dimintai kesan pertama menonton stand up, juga ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan untuk beliau.

Berbagi Panggung dengan Ahok :]

Overall, it was an awesome stand up show. Ketiga teman gue semuanya lemes karena ngakak, dan sesaat sebelum show selesai langsung mencengkram tangan gue sambil berujar, "pokoknya mau foto bareng.". HAHAHAHA, sepertinya mereka bertiga resmi jadi fans Ernest. *lega* *gak jadi digantung*

Ernest menghibur dengan gayanya, seperti biasanya (terlihat) sangat effortless untuk menjadi lucu di panggung. Sebaliknya, ia justru terlihat sangat... jujur. Dan kemaren, gue baru ngeh, mungkin itu kuncinya. You don't have to be funny, but you have to be honest. Keresahannya langsung menular kepada penonton, yang mana menurut gue, hal ini baik untuk menggugah kesadaran dan kepedulian. Apalagi pemilu udah di depan mata.

Akhirnya, kesan gue adalah: Illucinati was a very great show that worth every penny. Ntar bakalan tayang juga di Kompas TV dan bakalan diproduksi dalam bentuk DVD. Yang kemaren ketinggalan dan penasaran, beli deh. You'll love it.

Anyway, congratulation, koh Ernest! :D

OUR HAPPY FACES! :D

6 comments:

  1. wah udah beres aja nih tapingnya, asik juga tuh berkesempatan nonton ka Ernest haha

    ReplyDelete
  2. "Ketiga teman gue semuanya lemes..." itu satu lagi kan adiknya hahaha.

    Gue nggak bisa dateng nih. Belum pernah ngerasain nonton stand up comedy secara live :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoiyaaah XD

      yaudahlah ya.

      satu februari adalagi tuh Vin :D

      We Are Not Alright :D

      Delete
  3. Eh satu februari ernest lagi?

    Thanks udah jagain Hana, haha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kak, satu februari WANA :D

      Sama-samaaaa, my pleasure! :D

      Delete