Friday, 27 December 2013

Blog of The Month - December

HALUUUUW.

Udah akhir bulan lagi aja nih. Seperti yang sudah-sudah, akan ada segmen Blog of The Month nih di sarahpuspita.com. Segmen ini (setiap bulannya) akan me-review satu blog yang keren dan jadi favorit gue untuk menemani di sela-sela kesibukan jam kerja.

Jadi langsung aja ya, tanpa berpanjang-panjang lagi,

Blog of The Month - December versi sarahpuspita.com adalah...

*drumrolls*



saputraroy.com

Bukan sodarah-sodarah, ini bukan nepotisme, jadi silahkan letakkan kembali ponsel anda, dan batalkan niat anda untuk menelpon KPK. Sekarang, mari gue jelaskan mengapa blog laki gue bisa nongol di sini.

"In a world full of copies, make sure you die original."

Pertama, alasan gue menobatkan saputraroy.com sebagai Blog of The Month adalah: INOVASI BARU. Roy dan saputraroy.com merupakan pelopor dari segmen WAWANCAUR, yang sekarang banyak dimodifikasi oleh blogger-blogger lain dengan nama yang berbeda dan isi yang kurang lebih sama. Selain wawancaur, ada juga segmen VERSUS. Kedua segmen ini merupakan pemikiran brilian dari sang penulis sehingga saputraroy.com memiliki konten unik, original, dan berbeda yang tidak dimiliki blog lain.

Alasan kedua adalah saputraroy.com sangat menghibur. Berhubung background Roy adalah penulis komedi, seberat dan seserius apapun tulisannya, pasti ada unsur komedi yang terselip di sana. Yang membedakan Roy dari penulis komedi lain adalah, baik di buku maupun blogpost-nya, jokes yang ia lemparkan nggak pernah maksa. Gue paling gak suka baca jokes yang maksa karena lebih banyak berujung ngeselin ketimbang lucu.

Postingan favorit gue, sejauh ini adalah:

Gue bahas sedikit tentang ketiga postingan di atas, ya.

Yang pertama, Cup of Tea. Dengan analogi secangkir teh, Roy mengulas pandangannya mengenai kritik. Cara mengungkapkan kritik dan sifat dari kritik yang baik, semuanya dibungkus manis dengan analogi yang sangat pas dan delivery yang demikian cantik.

Yang kedua, Sendal Jepit Hitam. Bercerita tentang sandal hitam kesayangan yang putus saat ia sedang berada di Filipina.

"Sendal yang kuat gua ajak manjat batu di pantai Belitung, sendal yang setia nemenin gua naik tangga kuil Batu Cave di Kuala Lumpur, sendal yang rela gua bawa lari-lari ngejar sleeping bus di Singapura, tau-tau aja putus waktu gua lagi duduk-duduk. Cuma lagi duduk-duduk. Bukan pas lagi manjat, main air, atau bahkan jalan kaki.

Dari situ gua engeh bahwa, terkadang kita tak kan pernah tau kapan sesuatu akan berakhir."

Sebuah tulisan yang mengajarkan tentang keikhlasan dan kerelaan untuk menerima akhir, serta percaya bahwa di depan sesuatu yang lebih baik pasti akan menanti.

Yang ketiga, Napak Tilas di Pasar Baru. Sebuah tempat kadang kayak mesin waktu. Dengan menginjakan kaki ke sana, maka otak kita dapat dengan otomatis mengulang kembali berbagai kejadian yang pernah kita alami di tempat tersebut, entah itu 1 minggu yang lalu, 1 tahun yang lalu, atau bahkan sampai berpuluh-puluh tahun yang lalu. Flashback inilah yang digunakan oleh Roy, kemudian mengingatkan kita semua tentang kasih seorang ibu. Tentang usia mereka yang juga bertambah seiring waktu. Setelah baca postingan yang ini, saran gue, lanjut deh ke Selagi Bisa.

Kesamaan dari ketiga postingan ini merupakan alasan ketiga mengapa gue memilih saputraroy.com menjadi Blog of The Month bulan Desember. Ketiganya sama-sama memiliki pelajaran. Ada buah yang bisa dipetik dari setiap tulisan Roy. Sesuatu yang justru sering banget dilupakan oleh penulis dan blogger akhir-akhir ini. Menghibur itu baik, tapi pelajaran itu penting.

Ketiga alasan di ataslah yang membuat gue dan ribuan followers-nya betah nongkrong di saputraroy.com. Ditambah lagi, konsistensi penulisnya yang patut diacungi jempol. Nggak perlu nunggu lama-lama, seminggu dua kali atau kadang tiga kali pasti ada postingan baru yang muncul. Asik kan?

Hehehe. Jadiiiii, belum pernah main-main ke saputraroy.com? Tunggu apalagi?

6 comments:

  1. Setuju... Blognya emang keren menginspirasi... Gw tahu blog ini jg dari blog lo.. Thx...

    ReplyDelete
  2. Blognya bang Roy dan kak Sarah ini emang paling seru buat dikunjungin. Ceritanya keren-keren, uy. \o/

    ReplyDelete
  3. waahh...jadi pengen blogging walking ke blog'nya....:)

    ReplyDelete