Sunday, 23 June 2013

SoleMate - Review

Sepatu merupakan sahabat semua wanita. Hal ini yang kemudian diangkat dan menjadi benang merah dari sebuah buku berjudul SoleMate, yang berisi dua puluh cerita pendek, enam puisi, dan dua artikel dengan tema sepatu. J

SoleMate <3

Sebuah buku yang mengajak wanita-wanita untuk jatuh cinta pada berbagai cerita mengenai pemilik dan alas kaki dengan berbagai model dan nama. Ada Wedges, Stiletto, Pump shoes, Loafer, Sneakers, sampai sepatu teplek (yang lebih akrab dengan nama Flat shoes), dan sepatu Kets. Berpuluh-puluh pasang sepatu dengan cerita dan kenangannya masing-masing.

Intip sebagian ceritanya, yuk.

--

Sepatu Teplek Merah Muda (Grahita Primasari - @gelaph)

Replacement : No matter how good, it isn’t you. (Fatima Alkaff - @ftkt)

Masih ingat cerita tentang Sandal Jepit Hitam di buku Trave(Love)ing? Sementara si Sandal Jepit Hitam sudah bertemu dengan Sandal Jepit Merah Muda, bagaimana nasib Sepatu Teplek Merah Muda? Gak ada yang mau tau masa? Kasian kan L

Cerita ini mengungkap apa yang terjadi pada Sang Sepatu Teplek Merah Muda, setelah berpisah dengan Sendal Jepit Hitam. Tentang sebuah keputusan dan arti dari penyesalan. Tentang kesia-siaan saat seluruhnya sudah dipertaruhkan. Dan tentang kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.

Hiks. L


Sepatu Merah Anna (Mia Haryono - @myaharyono)

Bravery : Do what’s right and God is the witness. (Fatima Alkaff)

Pernah beli barang bekas? J Barang bekas selalu punya cerita. Cerita dari pemilik sebelumnya yang mungkin saja nggak pernah kita duga. Siapa yang tau kalo hp second yang lo beli ternyata pernah berenang di kuah mie? Ya kan? :3

Nah, inilah yang terjadi pada sepatu merah yang dibeli oleh Anna di Leytha Store, sebuah toko barang bekas yang masih layak pakai. Sederet keanehan terjadi ketika Anna memakai sepatu tersebut. Rahasia dan cerita mencekam dari pemilik sepatu sebelumnya, pelan-pelan terungkap, seiring dengan pembunuhan yang semakin marak terjadi.

HIIIIIII! *ngumpet di dalem selimut*


Mengejar Fajar (Fani Novaria - @faannniiii_)

Rise and Shine : Everyday is a new day. (Fatima Alkaff)

Cerita ini ngajak gue (dan elo tentunya, yuk beli makanyah :3) untuk memperhatikan lebih dekat kehidupan seorang
pemulung dan sepasang sepatu yang dipakai bergantian dengan adiknya. Sepasang sepatu kets bekas yang mungkin sudah jauh dari kata layak pakai.

Mengejar Fajar mengingatkan gue (dan elo tentunya, yuk beli makanyah :3 *diulang*) akan pentingnya rasa bersyukur untuk setiap keadaan yang ada, juga tidak menyerah saat melawan setiap tantangan dan kesulitan.


Sepasang Sepatu yang Hilang (Yessy Muchtar)

Concealed : Closed tight and covered like secret. (Fatima Alkaff)

Pump shoes berbahan kulit mengilat itu selalu menggoda mata. Familiar, walaupun masih terpajang manis di etalase toko, bersama sebuah dosa yang telah dikubur rapat-rapat.


Tentang Damar (Stephany Josephine - @teppy87)

Gone : I’ve lost my other half. (Fatima Alkaff)

Pejuang LDR mana suaranya?  :3

Sebuah cerita yang ditumpahkan melalui sebuah surat dari Lea untuk Damar, seorang yang pernah memberikan flat shoes hitam sebagai pengganti heels tinggi yang selama ini selalu menghiasi kakinya. Seorang yang sangat dirindukannya karena terpisah jarak yang membentang. Sampai akhirnya, waktu yang ditunggu Lea tiba. Damar akan pulang. Bertemu dengannya, sampai sebuah kejadian memaksanya menerima kenyataan… *susut air mata*


Kado untuk Marissa (Lia Khairunissa)

Inner Beauty : Open up and see what’s inside. (Fatima Alkaff)

Sebuah persahabatan yang terlahir karena sepasang sepatu. Sepasang sahabat sejati, kendatipun yang seorang adalah anak majikan, dan yang lain hanya anak seorang asisten rumah tangga. Sampai akhirnya, lembar takdir dan sepatu jugalah yang menutup kisah persahabatan mereka berdua :”)
*susut air mata lagi*

--

Masih ada juga fakta-fakta tersembunyi dari Cinderella (Connie Wong - @dear_connie), cerita tentang sepatu usang (Ch. Evaliana), cerita tentang sebuah kedai kopi cantik yang dilengkapi oleh lemari berisi sepatu (Riesna), sampai cerita sepatu bayi (Ponti Almas Karamina), dan masih banyak lagi.

Ah ya! Setiap cerita juga dilengkapi dengan gambar sepatu, serta quote manis dari kak Fatima Alkaff (@ftkf). Melengkapi keindahan dari setiap kisah yang tertulis. J



Nggak cuma itu aja, ada juga enam buah puisi karangan Tia Setiawati (@tiasetiawati), dan dua buah artikel tentang sepatu dari Lia Khairunissa dan Ch. Evaliana.



Selamat jatuh cinta pada cerita sepatu! (:

4 comments: