Friday, 19 April 2013

Setahun Berkisah - Review

“Rayakan hari ini, karena besok selalu menjadi hari baru – mungkin pula, cinta yang baru.”

BAAA!

Udah baca Setahun Berkisah? Belom?



Perkenankan gue mencoba me-review buku keren (dan akan best seller. amin.) ini yaa. Ada delapan cerita dari delapan penulis dengan benang merah hari raya dalam satu tahun. Keren ya konsepnya, delapan hari raya dalam setahun *diulang*.


Penasaran? YUK!

--
 
Se(d)jarah ; IMLEK – Roy Saputra (@saputraroy ; saputraroy.com)

“…pesan itulah yang akhirnya membawa gue hari ini; berkeliling Jakarta demi sebuah jawaban.”

Pernah ngerasain diajak keliling kota Jakarta lewat buku? Pernah sejenak merem sanking serunya ngebayangin petualangan menuju tempat-tempat yang mungkin sering lo lewati? Pernah diajak menyelidiki lebih jauh tentang asal-usul nama berbagai patung dan daerah-daerah di Jakarta? Pernah? Kalo belum,
inilah sensasi yang akan lo rasakan ketika membaca Se(d)jarah.
Perjuangan Andre yang mengelilingi kota Jakarta untuk mengejar Sarah, perempuan yang ia cintai. Perjalanannya dituntun oleh kode-kode berupa barisan kalimat yang Sarah berikan. Bersama tukang DVD yang tak sengaja ia jumpai di Glodok, Andre memulai petualangannya untuk menemukan Sarah, dengan berbekal ilmu sejarah.
Menemani Andre memecahkan kode-kode yang Sarah berikan hingga akhirnya menemukan sebuah jawaban, dihiasi oleh jokes ala Roy yang bikin gue mesem-mesem kaya orang gila di kantor, dengan bonusnya: ending yang mengejutkan. *GIGIT-GIGIT BANTAL*

Nb: Kalau kalian meragukan subjektifitas gue, beli bukunya dan buktiin sendiri! :D

Satu Cinta Banyak Rupa ; VALENTINE – Wira Triasmara Surya (@wira_panda)

Valentine, sejatinya adalah hari kasih sayang. Dan kasih sayang, tidak hanya berbicara mengenai pasangan atau melulu percintaan. Tidak ada aturan yang mutlak dalam pengungkapannya. Tidak ada batasan yang terlihat dalam penyampaiannya. Hal inilah yang disampaikan oleh Wira *eaaa, sok kenal* lewat ceritanya. Salah deng, hal itulah yang gue tangkep, dan semoga emang bener itu yang mau disampein. :D
Ada Bayu yang mengungkapkan kasih sayangnya dengan cara mengambil dan merawat Entin (BUKAN, INI BUKAN NAMA PEREMPUAN). Ada Rinto, yang mengungkapkan kasih sayangnya dengan cara mengikhlaskan Dinda. Ada Pak Haryo yang untuk pertama kalinya mengirimkan ucapan Selamat Hari Kasih Sayang kepada istrinya yang berada di Surga. Ada Alif yang mencintai Natali meskipun mereka berbeda.Ada Aan dengan jodoh-masa-depannya. Ada Johan dengan kenangan-kenangan tentang calon istrinya. Dan ada Anto dan Jani, yang merayakan hari kasih sayang berdua, dengan status teman-yang-diam-diam-menyimpan-perasaan.
Mereka semua memiliki cara yang beragam untuk menikmati hari kasih sayang. Subjek yang juga berbeda tentang si penerima ungkapan cinta. Tapi intinya sama, celebrating love on Valentine’s Day.

Sepahit Empedu, Semanis Madu ; APRIL MOP – Pribadi Prananta (@pipis)

Hal apa sih yang terlintas di kepala lo waktu mendengar kata April Mop? Gue tebak! Bohong dan iseng. Ya kan? Gue bener kan? :D
Nah, om Pribadi *gue gak kenal, nggak tau dia dipanggilnya apa. So, daripada salah, kita pake nama depan aja yaaa* bercerita tentang Budi, tokoh utama dari Sepahit Empedu, Semanis Madu yang isengnya bukan main. Hal ini dipicu oleh statusnya sebagai si bungsu.
Konflik dimulai ketika Delima muncul *bukan buah Delima (--,)*, dan cewek kece pindahan dari Jepang ini berhasil menarik perhatian Budi.Sayang, Budinya nggak mampu menarik perhatian Delima. Lah terus? Budi punya rencana! Rencana yang akan dia jalankan di tanggal satu bulan empat, alias April Mop!
Oia! Favorit gue adalah lelucon tentang nama Budi. Aselik bikin ngakak! :D
“Bud, lo kan yang beli telur di pasar? Kenapa mesti gue yang ngitung jumlahnya?”

Aid-ul Fitri ; IDUL FITRI – Anita Prabowo (@ijotoska ; tealchick.com)

“…Saya terdiam, tertegun dan menyadari, bahwa sebrapa jauhpun seorang anak melangkah pergi, doa dan keyakinan orang tua akan selalu mengiringi.”

Lebaran. Momen yang paling erat dikaitkan dengan kata maaf dan silaturahmi. Waktu kita berkumpul bersama keluarga untuk menikmati takbir. Shalat berjamaah. Makan ketupat. Melupakan benci. Mengikhlaskan. Waktu di mana kita ‘pulang’.
Anggoro, Vice President sebuah hotel mewah dengan karir gemilang, dihormati semua orang, harta berlimpah, namun hidup berdampingan dengan kekosongan, sepi, dan kesendirian. Kesuksesan dan keberhasilannya malah memunculkan sebuah pertanyaan, untuk apa?
Melalui cerita ini, kak Anita mengingatkan akan pentingnya keluarga, dan betapa sakitnya penyesalan akan kehilangan. Penokohan yang kuat, cerita yang sangat indah, pesan yang sangat bermakna, dan ending yang luar biasa, bikin gue… speechless. *ngusap air mata*
Keren. Aselik. Keren *diulang*. Nilainya 9 dari 10, karena kesempurnaan cuma milik Tuhan dan Mas Anggo :P

Bukan Lagu Cinta ; KEMERDEKAAN – Faizal Reza (@monstreza ; monstreza.wordpress.com)

Menyampaikan cinta lewat kata-kata? BIASA.
Kalo pake lagu? (jeritan histeris para wanita)
Bukan Lagu Cinta bikin gue pingin download dan dengerin lagi lagu-lagu yang diputer Nuara selama siaran bersama dengan Cesa, sang nara sumber yang menceritakan berbagai kisah cinta dalam hidupnya. Ikutan ketawa waktu Cesa modusin temen SDnya, hampir ikutan nangis waktu Cesa ditinggal nikah sama salah seorang mantan pacar yang paling ia cintai.
Cerita ini secara nggak langsung, kayak ada soundtrack-nya. Dialognya nyata dan real, ceritanya ringan, dengan ending yang juga nggak ketebak arahnya. Seru, sampe bikin gue bergumam, “YAH KOK ABIS! L” *itu mah bukan bergumam, itu teriak (--,)* pas siaran Nuara dan Cesa selesai.

Aku Hanya Ingin Ditemukan ; HALLOWEEN – Dannie Faizal (@danniefaizal)

Cerita yang paling ‘beda’ di antara yang lain, kalo menurut gue. Tentang seorang penulis yang sedang mencari inspirasi untuk novel terbarunya, dan akhirnya menemukan ide cerita dari… ehm, well… seorang gadis cantik bernama Caca. Ternyata ada sesuatu dibalik ide cerita yang Caca berikan. Sosok Caca sendiri misterius. Sayang, Sulthan terlambat menyadari semua itu.
Dibawa Mas Dannie *eaaa sok akrab* menyusun potongan puzzle tentang siapa Caca dan apa yang terjadi dengannya, dan akhirnya sampai di lembar terakhir yang bikin gue cengo trus jerit, “AAAAAAAAAAAA!” *GIGIT-GIGIT BANTAL LAGI*

Bantal Senyum Winona ; NATAL – Maradilla Syachridar (@maradilla ; www.maradilla.com)

“…keindahan Natal adalah ketika kita bisa memperbaharui kebahagian kita.”

Winona menyepi untuk mencari kepastian, dan Yann yang akhirnya menemukannya di pinggir jurang kehilangan. Winona yang pergi untuk memberikan ruang bagi Yann untuk mengambil sebuah keputusan tentang hubungan mereka, di hari Natal.
Cerita ini membuat gue menyadari, terkadang, kita terlalu takut. Takut mengambil sebuah keputusan. Takut mencintai. Takut pada resiko. Terlalu egois dan berpegang kepada prinsip-prinsip yang kita yakini paling benar. Padahal, orang lain juga punya perasaan dan pilihannya. Dan mencintai seseorang, terkadang memang butuh keberanian besar. J
Oh iya, Bantal Senyum Winona juga Quote-able banget! Banyak kalimat manis di dalamnya, dan kita juga diajak jalan-jalan ke Ambon lewat ceritanya J Dari semuanya, cerita inilah yang paling ngena di hati. Ah, kak Maradilla emang paling mengerti :”)

Awal Baru Untuk Nala ; TAHUN BARU – Twelvi Febrina (@ladyzwolf ; twelvifebrina.tumblr.com)

“…Cinta itu semestinya sederhana. Cinta itu semestinya membuat orang bahagia.”

Kamu setuju, kalo Paris adalah kota paling romantis?
Pernah membayangkan jatuh cinta di sana? Hal itulah yang terjadi pada Nala, meskipun yang ia lakukan adalah tetap mengingkari perasaannya, karena Armand, pria yang kerap menyakitinya dengan bermain hati bersama perempuan lain. Ketakutan-ketakutan itu jugalah yang membuatnya melarikan diri dari Matheo, meskipun jauh di lubuk hatinya, Nala tahu Matheo benar-benar mencintainya.
Di tahun yang baru, Nala akhirnya membuat sebuah keputusan. Keputusan untuk berhenti ketakutan, dan mulai melangkah dengan berani.
Setiap alinea bikin gue jatuh cinta. Setiap karakter yang muncul mampu bikin gue ikut merasakan emosinya – entah kesel, sedih, bingung, seneng, atau senyum-senyum sendiri. Setiap plot cerita bisa bikin gue merem sejenak untuk ‘menggambar’ kejadian dalam kepala. This one is definitely my favorite. J
--

Nah, itulah Setahun Berkisah dari sudut pandang gue. Cerita tentang Hari raya Imlek, Valentine, April Mop, Idul Fitri, Kemerdekaan, Halloween, Natal, dan Tahun Baru, beserta dengan tradisi dan keunikannya, mengingatkan kita pada aspek penting dalam hidup yang selalu ada setiap harinya, cinta. Yuk, rayakan hari ini! J

4 comments:

  1. Yuk nunggu pinjeman bukunya heheh *gak modal* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceeeeh -____-* beli dooooong :3 :3

      mau aku cepet-cepet nikah gaa? *digetokroy* :))

      Delete
    2. #RoySarah2014 #ditabrakPicanto

      Delete