Friday, 22 February 2013

Cerita

Setiap manusia yang hidup dan bernafas, pasti berguna bagi sekitarnya. Bukan hanya dirinya sendiri. Bisa sebagai penjaga, pembawa kebahagiaan, pelindung, penyembuh, atau mungkin sebagai pembelajaran.

Lepas dari setiap profesi, setiap dari kita pasti memiliki pengalaman hidup. Pahit. Manis. Pedih. Suka. Duka. Kecewa. Setiap detik yang dapat menjadi cerita. Setiap momen yang bisa diingat, dan diproyeksikan menjadi bentuk lain dengan nama pelajaran.

Mereka bilang, pengalaman adalah guru yang terbaik. Yes, I couldn’t agree more. J

Asiknya, bukan hanya bagi kita, pengalaman itu (mungkin saja) menjadi pelajaran bagi orang lain. Supaya tidak mengulang kesalahan yang sama. Atau sekedar menemukan peluang untuk keluar dari sebuah masalah. Atau setidaknya membangkitkan optimisme untuk pulih. Atau pengingat kalau mereka tidak sendirian. J

Trave(love)ing,
sebuah buku yang dibuat dengan semangat yang sama, menjadi contoh, bahwa kita bisa saja berguna bagi orang lain dengan cara yang sederhana, seperti membagi cerita. Move on, memang tidak pernah mudah bagi mereka yang masih sepenuhnya mencinta. Kesakitan ditinggal seseorang tidak pernah bisa dimengerti kalau tidak pernah merasakan. Tapi… bisa. Keempat penulis ini, telah membuktikannya. Diceritakan dengan jelas bagaimana kesakitan dan kepedihan yang saat itu dirasakan, sampai pembacanya mau tidak mau ikut merasakan. Ikut menangis. Ikut membayangkan bagaimana hancurnya si pemilik cerita.

Mereka berjuang. Tidak semudah membalik telapak tangan.  Tapi merangkak pelan, dan keluar sebagai pemenang. Menjadi pembuktian bagi pembacanya, atau mereka yang sedang patah hati di luar sana, kalau ada jalan. Tidak halus dan rata, memang. Tapi bisa dilewati. Mereka bisa. Kenapa kita tidak? Mereka mencari cara, membagi cerita, dan mengembalikan pilihan itu ke tangan kita.

Seorang sahabat bersampul merah muda, yang juga pengingat bahwa kamu bisa terus melangkah. Optimisme dan harapan bagi hati yang patah atau air mata yang sedang tumpah. J

Kalau kamu… apa ceritamu? J

You don’t have to be an expert on something to help others. -@anggasasongko

No comments:

Post a Comment